Hati-hati Timnas Indonesia, Filipina Sedang Naturalisasi Lagi 7 Pemain dari Eropa dan Amerika

Hati-hati Timnas Indonesia, Filipina Sedang Naturalisasi Lagi 7 Pemain dari Eropa dan Amerika

KEKUATAN - Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet (paling kanan) kembali akan melakukan naturalisasi terhadap sejumlah pemain keturunan di Eropa dan Amerika.-pssi.org-

radartegal.id - Setelah kalah dari Timnas Indonesia 2-0, Timnas Filipina kembali gencar menaturalisasi sejumlah pemain keturunan. Pemain-pemain yang merumput di Eropa itu, disiapkan untuk melkoni ASEAN Cup 2024 November-Desember mendatang.

Proses ini dilakukan untuk menambah kekuatan timnas berjuluk The Azkals, bersaing dengan negara-negara di ASEAN. Menguti Manila Standard, sedikitnya ada tujuh pemain keturunan berdarah Filipina yang akan dinaturalisasi.

Salah satunya adalah pemain yang pernah bermain untuk Timnas U-20 Norwegia, Bjorn Martin Kristensen. Bahkan pemain yang berposisi sebagai striker itu, dikabarkan telah menyelesaikan proses naturalisasi, dan siap untuk bermain bersama Timnas Filipina.

BACA JUGA: Calvin Verdonk Resmi Gabung Timnas Indonesia Lawan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Netizen: Good!

Kehadiran penyerang berusia 22 tahun itu, diyakini akan menambah daya serang dan kekuatan lini depan The Azkals. Garis keturunan Bjorn Martin Kristensen yang lahir di Norwegia, didapatkan dari ibunya, sedangkan ayahnya berasal dari Norwegia.

Striker muda itu, saat ini merumput di kasta kedua liga Norwegia bersama Aalesund FK. Bersama Kristensen, otoritas sepakbola Filipina juga tengah melakukan proses serupa terhadap enam pemain berdarah Filipina dari berbagai negara.

Antara lain empat pemain asal Amerika Serikat, Anthony Markanich, Nick Markanich, Jacob Erlandson, dan Elias Katsaros. Ada juga dua pemain asal Eropa Utara, yakni Julius Myrbakk (Norwegia) dan Johannes Selven (Denmark).

BACA JUGA: 4 Pemain Tambahan Timnas Indonesia Jelang Laga FIFA Match Day, Netizen Berharap Marten Paes Masuk Line Up

Naturalisasi lanjutan

Sebelumnya Pelatih Filipina, Tom Saintfiet juga berburu pemain keturunan ke luar negeri, yang tengah merumput di sejumlah kompetisi. Hasilnya saat menghadapi Timnas Indonesia di laga terakhir grup Kualifikasi Piala Dunia, Filipina berhasil menaturalisasi pemain dari Eropa dan AS.

Misalnya Adrian Ugelvik (Levanger/Norwegia), Zico Bailey (New Mexico United/AS), dan Dylan Demuynck (Zulte Waregem/Belgia). Bahkan ketiganya sudah dimainkan Saintfiet, saat Timnas Filipina dikalahkan Vietnam 3-2.

Saintfiet menegaskan dirinya memiliki peta jalan untuk mengembangkan pemain naturalisasi di skuadnya. Harapannya, Filipina bisa bersaing di Piala Asia 2027 dan menargetkan lolos ke Piala Dunia 2030.

BACA JUGA: Persiapan Pertandingan Timnas Indonesia Vs Irak Skuad Garuda Butuh Kekuatan Tambahan, STY Lirik Maarten Paes

“Tujuan kami adalah membangun peta jalan sepak bola Filipina dalam 5-7 tahun ke depan. Kami ingin berkompetisi di Piala Asia 2027 dan menargetkan Piala Dunia 2020,” kata Saintfiet.

Sumber: