1.000 Santri Berprestasi Berpeluang Raih Beasiswa, Pendaftaran Mulai Hari Ini Sampai 13 Juli 2024

1.000 Santri Berprestasi Berpeluang Raih Beasiswa, Pendaftaran Mulai Hari Ini Sampai 13 Juli 2024

SANTRI BERPRESTASI- Sebanyak 1000 santri berprestasi berpeluang mendapatkan beasiswa hingga jenjang tinggi. Pendaftarannya sudah dimulai hari ini.-ilustrasi-

JAKARTA, radartegal.id- Sebanyak 1000 santri berprestasi berpeluang mendapatkan beasiswa. Pasalnya, pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2024 sudah dibuka. 

Periode pendaftaran beasiswa santri berprestasi ini berlangsung mulai dari tanggal 3 Juli 2024 hari ini sampai 13 Juli 2024. Hal ini seperti dikatakan Plt Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Waryono Abdul Ghofur, di Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Menurut Waryono, banyak peluang untuk mendapatkan beasiswa santri berprestasi. Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 35 perguruan tinggi mitra dan 97 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Kuota beasiswa santri berprestasi tahun ini ditargetkan 1.000 santri untuk melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1), Strata dua (S2), dan Strata tiga (S3). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman pendaftaran di web resmi Kemenag RI.

BACA JUGA: Gelar Halaqoh Muharrik, Alumni Santri di Tegal Nyatakan Dukungan Kepada Kapolda Jateng

BACA JUGA: Keren! Santri asal Babakan Kabupaten Tegal Berdakwah di Melbourne Australia

Waryono menjelaskan, pilihan program studi yang ditawarkan dan dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari rumpun keilmuan Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora.

PBSB 2024 sendiri merupakan program beasiswa santri berprestasi yang masuk tahun kedua. Ini adalah kerja sama Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. 

Kolaborasi ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP) bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang setara.

PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pesantren. Dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren.

BACA JUGA: Kepala LKPP Hendrar Prihadi Motivasi dan Ajari Santri Jadi Pengusaha Sukses lewat e-Katalog

BACA JUGA: Sosialisasikan Tertib Berlalu Lintas di Kalangan Santri, Polres Tegal Blusukan ke Ponpes

"Alhamdulillah, pendaftaran PBSB secara online dibuka mulai 3 Juli 2024. PBSB ini peluang bagi para santri di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami mengundang para santri untuk mengambil kesempatan dan mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” terang Waryono.

Sumber: