Perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI, Plafon Pinjaman Rp 10 Juta Cepat Cair

Perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI, Plafon Pinjaman Rp 10 Juta Cepat Cair

Perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI, Plafon Pinjaman Rp 10 Juta--

RADAR TEGAL – Bagi kamu yang sedang mencari perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI, kamu berada pada tempat yang tepat. Karena disini akan dibahas mengenai perbedaan kedua jenis pinjaman di Bank BRI tersebut.

Perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI merupakan informasi dasar yang harus kamu ketahui sebelum memilih produk pinjaman di Bank BRI. Kedua produk pinjaman ini merupakan jenis pinjaman yang berbeda dan mempunyai banyak perbedaan.

Mulai dari syarat pengajuannya, berkas-berkas yang dibutuhkan sampai peruntukan dana pinjaman KUR dan Non KUR Bank BRI jelas berbeda. Perbedaan ini harus kamu ketahui sebelum menentukan akan menggunakan produk pinjaman Bank BRI yang terbaik sesuai kebutuhan.

Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan KUR dan Non KUR BRI, sebaiknya simak artikel berikut ini. Simak sampai selesai agar paham tentang ciri-cirinya.

BACA JUGA:9 Perbedaan KUR BRI dan Kupedes BRI Pinjaman UMKM 2024, Boleh Pilih Sesuka Hati

Perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI

Dalam artikel ini akan melihat perbandingan pinjaman KUR dan Non KUR BRI dengan contoh pinjaman Rp 10 Juta. Jenis pinjaman non KUR yang akan diambil sebagai contoh adalah jenis pinjaman Kupedes Rakyat atau KUPRA.

Pinjaman Kupedes Rakyat dan KUR BRI sama-sama produk pinjaman dari Bank BRI, namun keduanya berbeda dari beberapa aspek. Apa perbedaan KUR BRI dan Non KUR BRI Kupedes Rakyat?

1. Suku Bunga

Kedua pinjaman ini mempunyai ketetapan suku bunga yang berbeda, Untuk KUR BRI adalah 0,6 persen per tahun sementara KUPRA adalah 1 persen per bulan. Artinya untuk KUR BRI mempunyai total bunga yaitu 6 persen per tahun sementara KUPRA yaitu 12 persen per tahun.

2. Persyaratan yang Berbeda

Selain bunga yang berbeda, persyaratan untuk pengajuan KUR dan Non KUR bank BRI juga berbeda, mulai dari syarat calon nasabah sampai syarat berkasnya. Biasanya untuk syarat pengajuan KUR membutuhkan syarat wajib yaitu dokumen usaha karena diperuntukan sebagai modal bisnis UMKM.

BACA JUGA:Risiko Telat Bayar Shopee Paylater, Harus Perhatikan agar Tidak Menyesal Belakangan

Perbedaan syarat pinjaman KUR dan KUPRA BRI yang paling utama yaitu dalam hal jaminan dan lama menjalankan usaha. Calon debitur KUR BRI perlu memiliki usaha selama minimal 6 bulan, sedangkan KUPRA BRI memerlukan minimal 1 tahun.

3. Perbandingan Jumlah Angsuran

Dengan mengambil contoh jumlah pinjaman Rp 10 juta dan tenor 12 bulan, angsuran bulanan KUR BRI sekitar Rp 883.333, sedangkan KUPRA BRI sekitar Rp 933.600. Selisih angsuran antara KUR dan KUPRA berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

4. Limit Maksimal Pinjaman dan Tenor

KUR BRI menyediakan limit maksimal hingga Rp 500 juta dengan tenor maksimal 60 bulan, sehingga memudahkan dalam memilih tenor yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Sedangkan KUPRA BRI memiliki batas maksimal pinjaman Rp 250 juta dengan tenor hingga 60 bulan.

5. Tujuan Pinjaman

KUR BRI bertujuan untuk memberikan dukungan finansial kepada sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar dapat tumbuh dan berkembang. Sementara itu, KUPRA BRI adalah program pinjaman dari Bank BRI yang dirancang khusus untuk memberikan akses finansial kepada pelaku UMKM, terutama yang beroperasi di sektor pertanian dan pedesaan.

BACA JUGA:Bebas Bunga NOL Persen, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Kredivo PayLater yang Wajib Anda Ketahui

Perbedaan lainnya dari KUR dan Non KUR BRI untuk produk KUR BRI merupakan program yang diberikan pemerintah, sehingga debitur bisa mendapat bunga yang terjangkau. Sementara program KUPRA merupakan pinjaman dari Bank BRI sehingga bunganya lebih besar.

Program KUPRA dan KUR BRI sama-sama ditujukan untuk UMKM agar bisa mendukung bisnis dan mengembangkan bisnis. KUPRA bisa menjadi alternatif bagi pemilik UMKM yang tidak bisa mengajukan pinjaman melalui program KUR.

Karena ada beberapa golongan yang tidak bisa menerima program KUR, seperti PNS, TNI, ASN dan Polri yang menurut Permenki No 1 tahun 2023 tidak boleh menerima KUR. Maka dari itu golongan tersebut bisa menggunakan program untuk mendukung bisnis UMKM mereka dengan KUPRA.

Nah, itulah perbedaan KUR dan Non KUR Bank BRI yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda semua. (*)

Sumber: