Virus Cacar Monyet Mulai Menyebar, Masyarakat Kabupaten Tegal Diminta Waspadai Gejalanya

Virus Cacar Monyet Mulai Menyebar, Masyarakat Kabupaten Tegal Diminta Waspadai Gejalanya

SOSIALISASI - Dinkes Kabupaten Tegal menggelar Sosialisasi Peningkatan Kewaspadaan Dini Penyakit Mpox atau cacar monyet, di Gedung Amarta Ruang Rapat Bupati Tegal, Kamis, 5 September 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

Saat ini berisiko dapat menyebar ke negara-negara lain termasuk di kawasan Asia Tenggara, khususnya negara Indonesia. 

Penyakit Mpox adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus Monkeypox atau cacar monyet yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia ataupun dari manusia ke manusia yang terinfeksi serta melalui benda yang terkontaminasi oleh virus tersebut. 

Maka perlu adanya langkah-langkah antisipasi dan peningkatan kewaspadaan dini dalam pencegahan dan pengendalian penyakit Mpox.

BACA JUGA: Menyerang Pelaku LGBT, Cacar Monyet Belum Ada Obatnya, Warganet Sebut Tamu Agung

BACA JUGA: Heboh Cacar Monyet, Pakar Soroti Dugaan Keterkaitan dengan Penyimpangan Seksual

Jagalah kebersihan lingkungan sekitar, termasuk tempat tinggal dan tempat kerja, menghindari mengkonsumsi daging yang diburu dari hewan liar (bush meat). 

Membiasakan mengonsumsi daging yang sudah dimasak dengan benar, menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap saat menangani hewan yang terinfeksi.

Bagi pelaku perjalanan yang baru kembali dari wilayah terjangkit, segeralah memeriksakan diri jika mengalami gejala. Gunakan masker dan jaga jarak jika berada di dekat orang yang sakit.

"Biasakan konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan berolahraga secara teratur untuk menjaga daya tahan tubuh agar tubuh tetap fit," sambungnya.

Dia meminta, masyarakat tidak menyebarkan informasi Mpox yang belum diverifikasi. 

Karena dapat menimbulkan kepanikan di masyarakat.

"Ikutilah perkembangan informasi melalui sumber- sumber resmi dan terpercaya,” tutupnya. 

Gejala cacar monyet mirip cacar biasa

Dalam acara yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal dr Ruszaeni mengatakan jika penyakit cacar monyet memiliki gejala yang mirip cacar biasa.

Menurut Ruszaeni, virus Mpox yang terdeteksi di Indonesia termasuk dalam varian IIb, yang bisa menyebar antarmanusia melalui kontak langsung cairan tubuh atau lesi.

Sumber: