Penyelenggaraan PPDB dan Merdeka Belajar di Jateng Dapat Apresiasi Komisi X DPRD RI

Penyelenggaraan PPDB dan Merdeka Belajar di Jateng Dapat Apresiasi Komisi X DPRD RI

KUNJUNGAN KERJA- Komisi X DPR melakukan kunjungan kerja spesifik ke kantor Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Senin, 26 Agustus 2024.-Istimewa-Radartegal.disway.id

Terkait kebijakan Merdeka Belajar, Nana secara tegas menyatakan akan memberikan dukungan sepenuhnya. 

Ia meyakini, kebijakan tersebut  telah sesuai dengan kebutuhan zaman terkini.

Dalam kesempatan itu, Nana menambahkan, Pemprov Jateng juga   berkomitmen meningkatkan pendidikan vokasi  melalui berbagai program, diantaranya SMK Pusat Keunggulan (SMKPK), pemadanan dengan berbagai industri, serta link and match dengan dunia kerja.

BACA JUGA: Hari Ini PPDB SMKN 3 Tegal 2024 Mulai Dibuka, Begini Alur Pendaftarannya

BACA JUGA: Jelang PPDB, Anggota DPRD Brebes Minta Pemkab Lakukan Ini

Komitmen lainnya adalah mengalokasikan anggaran senilai  Rp228.4 miliar pada 2024. 

Anggaran tersebut untuk pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) SMK, pengadaan peralatan praktek, mebel, smart classroom, beasiswa miskin, maupun seragam siswa miskin. 

Selain itu, ada alokasi dana khusus (DAK) Fisik senilai Rp142,8 miliar untuk pembangunan ruang praktik siswa, Ruang Kelas Baru (RKB), rehab dan pengadaan peralatan praktik.

Sementara itu, Ketua Tim Komisi X Abdul Fikri Faqih mengatakan,  kunjungan kerja ini untuk mengetahui program bidang pendidikan yang sudah digulirkan. 

Terkait PPDB di Jawa Tengah, menurut dia, diketahui sudah berjalan bagus. Ketegasan pimpinan menjadi salah satu kunci dalam  pelaksanaan PPDB. Pun dengan program merdeka belajar juga  sudah dilakukan dengan  baik melalui penguatan pendidikan karakter. (*)

Sumber: