Ogah Ketinggalan Zaman, SMPN 1 Warureja Mulai Manfaatkan Jurnalistik Daring dan Pengelolaan Media Sosial

Ogah Ketinggalan Zaman, SMPN 1 Warureja Mulai Manfaatkan Jurnalistik Daring dan Pengelolaan Media Sosial

ONLINE - Kepala SMPN 1 Warureja, Eko Harmono SPd MA (kedua dari kiri) menunjukkan kesepakatan kerjasama publikasi informasi sekolah melalui radartegal.com, Senin 19 Agustus 2024.-taufik ismail/radar tegal group-

WARUREJA, radartegal.com - Kemajuan teknologi informasi membuat sejumlah institusi dan lembaga berbenah. Salah satunya adalah SMPN 1 Warureja.

SMP yang berada di Jalur Utama Jakarta-Semarang itu, mulai membenahi publikasi dengan mengedepankan teknologi daring. Apalagi hampir mayoritas siswa-siswinya mempunyai smartphone.

Kepala SMPN 1 Warureja, Eko Harnomo SPd MA mengungkapkan media daring mempunyai sejumlah keunggulan. Di antaranya bisa memuat konten lebih banyak, disertai dengan lampiran video sebagai pelengkapnya.

Tidak hanya itu, Eko mengatakan, penyebaran publikasi melalui media daring seperti web sekolah juga lebih cepat dan massif. Sehingga informasi dari sekolah, tentang aktifitas dan kegiatan lainnya bisa sampai ke tangan siswa, guru, orang tua, dan masyarakat lebih lengkap dan efisien.

BACA JUGA: Kereen! SMPN 1 Balapulang Juara 1 Lomba Jurnalistik Disdikbud Kabupaten Tegal

BACA JUGA: BNNK Tegal Bagi Tips dan Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar di SMPN 1 Kersana Brebes

"Nantinya, pihak sekolah akan melibatkan siswa sebagai pelaksananya. Sehingga mereka juga bisa melek teknologi kekinian, sekaligus mengetahui perkembangannya yang semakin cepat," kata Eko, Senin 19 Agustus 2024.

Menurut Eko, pengelolaan media daring sekolah merupakan sebuah keniscayaan. Pasalnya, saat ini hampir semua kegiatan formal maupun informal, lebih mengutamakan daring ketimbang luring.

Termasuk di dalamnya, ungkap Eko, penyebaran publikasi prestasi dan aktivitas sekolah melalui platform miledia sosial,(medsos) resmi sekolah. Sehingga diperlukan pengetahuan pengelolaannya secara benar dan bertanggung jawab.

"Karena itu, akan dilakukan pelatihan jurnalistik online dan pengelolaan medsos untuk siswa dan guru. Harapannya, medsos digunakan secara bijak, untuk keperluan yang produktif," pintanya.

BACA JUGA: SMPN 1 Adiwerna Gelar Seminar Pendidikan Seks dan Pencegahan Perundungan di Sekolah

BACA JUGA: SMPN 5 Satu Atap Bumijawa Gelar Parenting Bersama Orang Tua Siswa dan Komite, Ini Sasaran yang Akan Dicapai

Mou SMPN 1 Warureja dengan Radar Tegal Online

Terkait kerjasama publikasi, Eko mengapresiasi kehadiran radartegal.com untuk membangun ekosistem jurnalistik online dari sekolah. Setelah ini, Eko menegaskan, akan segera menindaklanjutinya dengan pembentukan tim kerja revitalisasi ekskul jurnalistik.

Sumber: