BNNK Tegal Bagi Tips dan Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar di SMPN 1 Kersana Brebes

BNNK Tegal Bagi Tips dan Cara Menghindari Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar di SMPN 1 Kersana Brebes

Tim penyuluh BNNK Tegal menggencarkan sosialisasi dan edukasi bahaya serta penyalahguna narkoba di kalangan pelajar.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Pengetahuan dan tips serta cara menghindari penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar dibagikan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tegal di SMPN 1 Kersana Brebes. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa.

Kepala BNNK Tegal Nasrudin menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh respon SMPN 1 Kersana Brebes yang sudah menggandeng BNN. Sebab, diseminasi informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Mengingat, masifnya berbagai modus operandi jaringan bandar dan pengedar narkoba menyasar semua usia produktif.

"Materi terpenting upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, meliputi 3 aspek ketahanan diri remaja anti Narkoba, motivasi untuk menjadi generasi bersih Narkoba, Efek Narkoba, serta peran aktif generasi muda dalam upaya pencegahan Narkoba," ungkapnya.

Menindaklanjuti kerjasama SMPN 1 Kersana, lanjut Nasrudin, kegiatan BNN Mengajar akan menjadi agenda rutin. Tujuannya, menggaungkan sekaligus optimalisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan pelajar. 

BACA JUGA:Waspada!!! Ada 95 Jenis Narkoba Baru Masuk ke Indonesia

BACA JUGA:Kasus Narkoba di Jateng Memprihatinkan, Begini Respon Pemprov

Termasuk, memasyarakatkan Mars BNN yang bisa diputar secara temporer. Kemudian, agenda penyuluhan berkala bagi murid dan guru di sekolah.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kersana Brebes Komara menambahkan, pihaknya menyampaikan terima kasih atas respon baik BNN Kota Tegal terkait kerjasama edukasi P4GN. 

Sebab, selain kenakalan remaja seperti tawuran, bullying, bahaya narkoba pun patut diwaspadai. Sehingga, melalui kerjasama diseminasi informasi dan optimalisasi P4GN penyalahgunaan narkoba bisa dicegah.

"Harapannya, edukasi masif tentang bahaya penyalahgunaan narkoba lebih menggugah kesadaran murid. Termasuk, ikut menggencarkan kampanye stop bullying hingga kenakalan remaja lainnya. Caranya, dengan menjadi pelajar cerdas, produktif dan kreatif," imbuhnya. (*)

Sumber: