Cara Ampuh Merawat Kompresor AC Mobil, Kabin Tetap Dingin dan Nyaman untuk Nyetir

Cara Ampuh Merawat Kompresor AC Mobil, Kabin Tetap Dingin dan Nyaman untuk Nyetir

EFEKTIF - Merawat kompresor AC mobil harus dilakukan secara berkala, untuk menghindari paparan hawa panas di dalam mobil.--

radartegal.id - Kompresor AC mobi merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Itulah sebabnya perawatannya harus selalu diperhatikan dan kontinyu.

Perlu diingat perawatan kontinyu kompresor AC mobil, akan membuat pendinginan di dalam mobil tetap terjaga, karena AC bekerja maksimal. Coba bayangkan, jika AC di dalam mobil mati.

Sebelum rusak, ada baiknya memperhatikan perawatan kompresor AC mobil sejak dini atau sekarang. Apalagi bagian ini merupakan bagian penting yang bertugas untuk memompa freon agar bisa menyebar ke kabin untuk menghilangkan panas di dalam mobil.

BACA JUGA: Intip Biaya Perawatan AC Mobil dan Suku Cadangnya, Mulai dari Rp50 Ribu

Trik dan tips perawatan kompresor AC mobil

Ironis memang, ternyata masih banyak pemilik yang mengabaikan perawatan menyeluruh AC mobil, padahal kompresor merupakan komponen yang sangat penting. Berikut cara merawatnya agar kompresor tidak mudah jebol dan awet:

1. Jangan Asal Pilih Oli

Hal yang penting dalam perawatan kompresor AC mobil yaitu pemilihan oli yang tepat. Sama seperti oli mesin, kompresor juga harus menggunakan oli kompresor yang tepat, seperti spesifikasi kekentalannya.

Kamu juga perlu mengetahui hal ini agar bisa memantau dan mengecek secara berkala apabila sudah waktunya penggantian oli untuk kompresor AC mobil. Menganti oli merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan saat merawat kompresor AC Mobil.

BACA JUGA: Tips Penggunaan AC Mobil, Kalau Salah Efeknya Bahaya Loh!

Paling tidak setiap setahun sekali atau setiap 20.000km perjalanan. Mungkin hal ini akan menambah biaya perawatan, akan tetapi hal tersebut lebih murah dibandingkan dengan mengganti kompresor yang rusak dengan yang baru.

Jangan lupa saat bergantian oli, kompresor harus diperhatikan bersih. Hal ini berfungsi agar oli yang baru tidak bercampur dengan bekas oli yang lama.

2. Cek Bunyi pada Kompresor

Saat mengecek kondisi kompresor Ac mobil, kamu bisa melakukannya tanpa perlu membawa ke bengkel. Coba menghidupkan mobil dan AC mobil, kemudian cari tahu apakah ada bunyi yang keluar dari kompresor dari balik kap.

Sumber: