Tips Penggunaan AC Mobil, Kalau Salah Efeknya Bahaya Loh!

Tips Penggunaan AC Mobil, Kalau Salah Efeknya Bahaya Loh!

OTOMOTIF- Berikut ini penggunaan AC mobil yang tepat.-(Ilustrasi Pinterest)----

Radartegal.id - Halo sobat otomotif! Kali ini kita bakal bahas sesuatu yang sering banget kita anggap sepele, padahal kalau salah cara bisa bahaya, loh. Yup, kita bakal ngomongin soal tips penggunaan AC mobil.

AC Mobil dan Bahayanya

AC mobil bukan cuma buat bikin kita nyaman di perjalanan, tetapi penggunaan AC mobil juga penting buat kesehatan kita. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakannya.

Salah satunya adalah cara penggunaan AC mobil saat diparkir di tempat panas. Kalau salah, bisa berbahaya buat mobil dan kesehatan kita.

Kenapa tidak boleh langsung nyalain AC?

Jika kamu habis parkir di tempat yang terik, kabin mobil pasti jadi panas banget, kan? Nah, kalau kita langsung nyalain AC saat suhu kabin masih panas, kompresor AC bakal bekerja lebih keras.

Ini bisa bikin kompresor cepat rusak dan bahkan overheat. Selain itu, ada bahaya lain yang mengintai.

BACA JUGA: Sederet Perbedaan Kompresor AC Mobil Hybrid dan Listrik, Lebih Efisien Mana Ya?

BACA JUGA: Tips Mudah Atasi AC Mobil yang Tidak Dingin, Cukup dengan Rp2 Ribuan Aja

Bahan Kimia dari Plastik

Ketika mobil kepanasan, plastik-plastik di dalam mobil bisa mengeluarkan bahan kimia berbahaya. Misalnya, ada yang namanya benzena, yang bisa keluar dari dashboard, kursi, dan bagian plastik lainnya saat terkena sinar matahari. 

Nah, kalau kita langsung tutup semua jendela dan nyalain AC, bahan kimia ini bakal terperangkap di dalam kabin dan kita bisa menghirupnya. Ini bisa berbahaya banget buat kesehatan kita.

Cara Aman Menggunakan AC Mobil

Sumber: