Antisipasi Kebakaran Saat Pilkada di Brebes, Ini yang Dilakukan KPU

Antisipasi Kebakaran Saat Pilkada di Brebes, Ini yang Dilakukan KPU

Guna pelaksanaan Pilkada Brebes berjalan dengan lancar, sejumlah persiapan dilakukan oleh KPU Brebes.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Guna pelaksanaan Pilkada Brebes berjalan dengan lancar, sejumlah persiapan dilakukan oleh KPU Brebes. Salah satunya mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran (damkar) Kabupaten Brebes melakukan pemeriksaan sistem proteksi kebakaran di Kantor Pemilihan Umum (KPU) Brebes, Senin 5 Agustus 2024. Dalam pengecekan sistem proteksi di Kantor KPU dianggap sangkat perlu ditingkatkan. 

 

Dalam pengecekan itu, Kepala Bidang Damkar Satpol PP Brebes, Sujadi mengatakan, dari hasil pengecekan, Kantor KPU Brebes belum ada sistem sistem proteksi kebakaran aktif atau lengkap. Di antaranya Fire Detector System, Fire Alarm System, Fire Sprinkler System, Fire Suppression System, dan Fire Hydrant System. 

 

"Mulai dari rumah pompa, glonteng air, saluran perpipaan, hydrant, dan lainnya di kantor ini belum ada. Di kantor ini hanya ada APAR saja. Sebenarnya sistem pencegahan ini sangat penting, cuma untuk sistem proteksi lengkap itu terkait biaya," kata Sujadi usai sosialisasi pemadaman kebakaran di KPU Brebes. 

 

BACA JUGA: APD Datangi KPU Brebes Laporkan Dugaan Penggelembungan Suara Caleg DPR RI

 

BACA JUGA: Dongkrak Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2024, KPU Brebes Gandeng Awak Media

 

Sementara itu, Ketua KPU Brebes, Manja Lestari Damanik mengatakan, usai sosialisasi pencegahan dan pemadaman kebakaran, para pegawai KPU bisa lebih menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang selama ini hanya untuk pajangan. Mereka bisa lebih memahami bagaimana cara memadamkan api saat terjadi kebakaran. 

 

"Selama ini APAR hanya jadi pajangan. Jadi setelah kegiatan ini, kita lebih bisa memahami bagaimana upaya pencegahan dan penanganan yang benar," jelasnya.

 

Sementara itu, terkait minimnya sistem proteksi kebakaran di kantornya, Manja menyebut, ke depan pihaknya akan melakukan pengadaan peralatan dan perlengkapan sistem proteksi untuk melindungi Kantor KPU dari bahaya kebakaran. Menurutnya, keamanan Kantor KPU perlu ditingkatkan saat mendekati Pilkada, termasuk sistem proteksi kebakaran. 

 

"Ke depan mungkin akan pengadaan supaya sistem proteksi di KPU ini bisa lebih baik," pungkasnya.

Sumber: