Kerusakan AC Fatal yang Bisa Jadi Berbahaya, Jangan Sampai Terjadi

Kerusakan AC Fatal yang Bisa Jadi Berbahaya, Jangan Sampai Terjadi

ELEKTRONIK- Beberapa kerusakan AC yang fatal yang mengharuskan ganti unit.-(Ilustrasi Pinterest)----

radartegal.id - AC atau Air Conditioner adalah salah satu perangkat elektronik yang hampir selalu ada di setiap rumah di Indonesia. Dengan iklim tropis yang panas, AC menjadi penyelamat dari suhu yang membuat kita berkeringat sepanjang hari. 

Namun, bagaimana jika AC di rumah kita mengalami kerusakan yang fatal? Yuk, kita bahas beberapa kerusakan AC yang fatal dan tidak bisa diabaikan dan mungkin memerlukan penggantian unit secara keseluruhan!

1. Kompresor Rusak

Kompresor adalah jantung dari AC. Tanpa kompresor yang berfungsi dengan baik, AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan. Beberapa tanda bahwa kompresor AC rusak antara lain:

  • AC hanya mengeluarkan udara panas
  • Bunyi berdengung atau berisik dari unit luar
  • AC sering mati mendadak

Jika kompresor rusak, memperbaikinya bisa sangat mahal, bahkan bisa mencapai biaya setengah dari harga AC baru. Jika AC sudah berusia lebih dari 10 tahun, mengganti unit mungkin menjadi pilihan yang lebih bijaksana.

BACA JUGA: 9 Nilai Plus AC Daikin FTKC50QVM, Bukan Cuma Awet dan Hemat Energi Loh

BACA JUGA: 5 Cara Mengatur Suhu AC yang Tepat, Baiknya Manfaatkan Fitur Ini Agar Mudah

2. Kebocoran Refrigeran

Refrigeran atau freon adalah zat yang digunakan untuk mendinginkan udara di dalam AC. Jika ada kebocoran, maka AC tidak akan bisa mendinginkan ruangan dengan efektif. Tanda-tanda kebocoran refrigeran meliputi:

  • Penurunan drastis dalam kemampuan pendinginan
  • Udara yang keluar dari AC terasa tidak cukup dingin
  • Pembekuan pada unit dalam atau luar
  • Tagihan listrik meningkat drastis

Meskipun kebocoran kecil bisa diperbaiki, kebocoran yang parah seringkali menunjukkan masalah yang lebih besar pada sistem AC. Jika kebocoran terjadi berulang kali, ini adalah tanda bahwa saatnya mempertimbangkan untuk mengganti unit AC.

3. Kerusakan Pada Kondensor

Kondensor adalah bagian dari AC yang terletak di luar ruangan. Fungsi utamanya adalah membuang panas dari refrigeran. Beberapa tanda kerusakan kondensor antara lain:

BACA JUGA: Perbedaan Kerusakan AC Inverter dengan AC Biasa, Panduan Lengkap untuk Pilihan yang Tepat

Sumber: