5 Cara Membedakan Pinjol Resmi dan Ilegal agar Lebih Meyakinkan, Pemula Wajib Ikuti Tipsnya

5 Cara Membedakan Pinjol Resmi dan Ilegal agar Lebih Meyakinkan, Pemula Wajib Ikuti Tipsnya

5 cara membedakan pinjol resmi dan ilegal -freepik-

BACA JUGA: 7 Cara Menghindari Pinjol Bunga Tinggi, Pastikan Tidak Menggunakan Platform Ilegal

BACA JUGA: 6 Kerugian Menggunakan Joki Galbay Pinjol yang Bisa Menyesatkan untuk Jangka Panjang

Mereka memiliki informasi kontak yang jelas, syarat dan ketentuan yang transparan, serta kebijakan privasi yang terperinci. Beda dengan pinjol palsu yang situs atau aplikasinya tidak lengkap.

Mereka mungkin menawarkan pinjaman dengan syarat-syarat yang tidak realistis atau bunga yang sangat tinggi. Anda perlu hati-hati lagi untuk menggunakan layanan ini.

3. Tinjau Ulasan dan Reputasi

Cara tahu legalitas pinjol resmi dan ilegal berikutnya dengan mengecek ulasan dari para pengguna sebelumnya terkait reputasi dari layanan tersebut. Biasanya pinjol resmi memiliki ulasan positif dari pengguna sebelumnya. 

Sementara untuk pinjol palsu biasanya banyak mendapatkan ulasan negatif atau bisa jadi tidak mendapatkan ulasan sama sekali. Mereka juga mungkin tidak mudah dilacak atau dihubungi jika terjadi masalah. 

BACA JUGA: Trik Penipuan Iklan Pinjol yang Sering Memakan Korban, Yuk Pahami Sebelum Terjerat Tipu Dayanya

BACA JUGA: Mirip Pinjol Tapi Lebih Cepat Cair, Ini Keuntungan Pinjam Uang di Pinjaman Bank Digital Legal OJK Terbaru 2024

 

4. Lakukan Pemeriksaan Berbasis Komunitas atau Forum

Cara membedakan pinjol resmi dan ilegal selanjutnya yaitu bisa juga dengan gabung forum yang membahas topik terkait. Namun, hal ini opsional untuk Anda lakukan.

Lewat forum ini, Anda bisa mendapatkan wawasan dari pengalaman orang lain. Mereka mungkin bisa memberikan informasi tentang pinjol mana yang aman dan terpecaya.

5. Pertimbangkan Persyaratan dan Proses Pengajuan

Sumber: