4 Mitos Belalang Masuk Rumah, Benarkah Pertanda Akan Naik Pangkat dan Kaya? Ternyata Begini Menurut Islam

4 Mitos Belalang Masuk Rumah, Benarkah Pertanda Akan Naik Pangkat dan Kaya? Ternyata Begini Menurut Islam

Mitos belalang masuk rumah --Tangkap layar YouTube Al-Fatiha Pedia

Radartegal.id- Belalang merupakan serangga yang sering kita jumpai di sekitar rumah. Namun, apakah kamu pernah mendengar mengenai mitos belalang masuk rumah?

 

Hewan satu ini sering kali hinggap di tanaman, rerumputan, pertanian maupun persawahan. Mitos belalang masuk rumah mungkin bagi sebagian orang menganggap memiliki pertanda baik.

 

Salah satunya yakni seperti akan kedatangan rezeki maupun jadi kaya raya, tetapi apakah benar demikian? Beberapa orang masih percaya soal mitos belalang masuk rumah pada waktu tertentu.

 

Daripada penasaran, yuk simak pembahasan selengkapnya di sini. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai mitos belalang masuk rumah yang dikutip dari kanal YouTube Animo Channel.

BACA JUGA: Mitos Mbah Pesugihan di Pemalang yang Bisa Bikin Kaya Raya, Mau? Ini Dia Sosoknya

BACA JUGA: Nyaris Punah, Ini Mitos Burung Kepodang Emas dan Tradisinya pada Masyarakat Jawa

Mitos belalang masuk rumah 

1. Akan terjadi bencana besar

 

Menurut kepercayaan orang China diyakini sebagian orang mengenai mitos belalang masuk rumah di malam hari dan mengeluarkan suara maka akan terjadi bencana besar terjadi. Entah dari mana asal muasalnya mitos ini, sebagian orang masih mempercayai mitos tersebut.

 

2. Nenek moyang sedang bersedih

 

Kemudian jika di dalam rumah maupun di sekitar rumah Anda kedatangan belalang hijau, belalang kayu maupun belalang sembah maka menandakan kalau nenek moyang atau para leluhur sedang bersedih. 

 

3. Mendapatkan masalah bertubi-tubi 

 

Sedangkan di negara Eropa mengenai mitos belalang masuk rumah dan jika penghuninya berani membunuhnya, maka seseorang tersebut akan tertimpa masalah dan musibah bertubi-tubi.

 

4. Mendatangkan rezeki 

 

Selanjutnya mitos belalang masuk rumah dipercaya dapat mendatangkan rezeki. Menurut kepercayaan sebagian orang jika belalang masuk rumah konon mendatangkan rezeki. 

BACA JUGA: Dipercaya Angker dan Kerap Dilarang Ditanam, Berikut 7 Mitos Pohon yang Diduga Jadi Tempat Makhluk Halus

BACA JUGA: Mitos Menabrak Kucing Sampai Mati, Kerap Dikaitkan dengan Keguguran Bagi Ibu Hamil

Hal ini disebabkan karena belalang hijau memiliki simbol kejayaan dan kebangkitan. Namun meski beberapa masyarakat Indonesia masih meyakini mitos tersebut, semuanya kembali ke kepercayaan diri masing-masing.

 

Sebab mitos belakang masuk rumah juga tidak bisa dibuktikan dengan kebenarannya. Jika benar terjadi sesuai mitos maka itu hanyalah kebetulan semata saja.

 

Mitos belalang masuk rumah menurut Islam 

 

Menurut buku Tafsir Ilmi Hewan dalam perspektif Al-Qur'an dan Sains susunan Kementerian Agama, dalam Alquran, belalang merupakan hewan serangga yang dikirim oleh Allah sebagai bentuk siksaan kepada Fir'aun dan kaumnya yang telah mendurhakai-Nya.

 

Lalu menurut surat Al-A’raaf ayat 133, Allah berfirman, “ Maka, Kami kirimkan kepada kepada mereka (siksa berupa) banjir besar, belalang, kutu, katak dan darah ( air minum berubah menjadi darah) sebagai bukti-bukti yang jelas dan terperinci. Akan tetapi, mereka tetap menyombongkan diri dan mereka adalah kaum pendurhaka”.

 

Jadi kalau dilihat berdasarkan ayat tersebut, sebagian orang percaya kalau belalang yang masuk rumah merupakan peringatan dari Allah. Hal ini menandakan supaya penghuninya senantiasa mendekatkan diri pada-Nya.

 

BACA JUGA: 4 Mitos Kelabang yang Tiba-tiba Masuk ke Dalam Rumah, Konon Pertanda Kedatangan Santet

BACA JUGA: 6 Mitos Seputar Arah Tempat Tidur, Konon Hal Buruk Akan Datang Jika Kepala Menghadap Arah Ini

 

Selain itu ada juga yang beranggapan mitos belakang masuk rumah akan mendatangkan sebuah rezeki dari Allah. Akan tetapi meskipun telah disinggung di dalam Al-Qur'an,  tidak ada satu dalil apapun yang menjelaskan mengenai arti belalang masuk ke dalam rumah menurut Islam.

 

Jadi anggapan tersebut tidak memiliki dasar apapun. Sehingga umat muslim dianjurkan untuk tidak menyakini.

 

Demikian pembahasan mengenai mitos belalang masuk rumah yang telah kami rangkum untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber: youtube