8 Kepercayaan Tradisional Jawa dengan Mitos Tertentu Sejak Berabad-abad Lamanya, Pasti Sering Dengar

8 Kepercayaan Tradisional Jawa dengan Mitos Tertentu Sejak Berabad-abad Lamanya, Pasti Sering Dengar

8 mitos kepercayaan tradisional Jawa-freepik-

BACA JUGA: 5 Mitos Burung Pembawa Kabar Kematian, Jangan Terkecoh dengan Penampilan Rupa dan Suaranya

BACA JUGA: Mitos Telaga Warna Dieng Wonosobo Jawa Tengah, Konon Dulunya Menjadi Tempat Pemandian Para Putri dan Ratu

3. Gunung 

Tidak asing lagi kedengarannya bahwa gunung menyimpan cerita atau hal mistis di Indonesia dan sudah banyak yang percaya. Indonesia memiliki banyak gunung yang konon memiliki mitos-mitos yang cukup menarik.

Misalnya seperti Gunung Merapi, Gunung Lawu, dan Gunung Bromo memiliki mitos dan cerita rakyat yang kaya. Gunung ini dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa atau roh nenek moyang, serta sering dikaitkan dengan kekuatan spiritual dan perlindungan.

4. Loro Blonyo 

Kepercayaan spiritual orang Jawa berikutnya yaitu Loro Blonyo, yang merupakan patung sepasang pengantin. Sebagian masyarakat percaya bahwa patung ini membawa keberuntungan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

5. Kuntilanak 

Siapa yang tidak tahu soal makhluk halus satu ini? Kuntilanak jadi salah satu kepercayaan tradisional yang juga menyimpan mitos tertentu menurut orang Jawa. Konon, sosok ini merupakan wanita yang meninggal tragis dan sering menghantui orang-orang.

BACA JUGA: 5 Mitos Burung Jalak Bali yang Terancam Punah, Konon Dipercaya Bisa Memanggil Hujan

BACA JUGA: Heboh Mitos Burung Perkutut Berubah Menjadi Ular, Biasanya Terjadi Saat Keadaan Sepi dan Gelap

6. Ratu Kidul 

Mitologi Jawa yang paling terkenal dan cukup mistis yaitu Ratu Kidul atau biasa juga disebut Nyi Roro Kidul. Konon, ia merupakan ratu penguasa laut dengan kekuatan magisnya dalam mengatur arah laut.

Beberapa mitosnya menyebutkan bahwa Ratu Kidul sering dikaitkan dengan legenda Panembahan Senopati, pendiri Kesultanan Mataram. Selain itu, mitos lain dalam sehari-hari terkait sosok ini yaitu larangan menggunakan pakaian hijau ketika ke pantai.

Sumber: