4 Alternatif Pinjol yang Aman untuk Penuhi Kebutuhan Mendesak, Fleksibel dengan Bunga Rendah

4 Alternatif Pinjol yang Aman untuk Penuhi Kebutuhan Mendesak, Fleksibel dengan Bunga Rendah

4 alternatif pinjol yang aman-freepik-

2. Kartu Kredit dengan Bunga Rendah 

Alternatif pinjol yang aman bisa Anda gunakan yaitu kartu kredit dengan bunga yang rendah. Terutama jika Anda perlu pinjaman dengan nominal yang kecil dalam jangka waktu pendek, maka Anda bisa gunakan kartu kredit bunga rendah sebagai alternatifnya.

3. Program Kredit Mikro dari Pemerintah atau Lembaga Non-Profit 

Pinjaman lain selain pinjol yang aman bisa coba manfaatkan program Kredit Mikro dari pemerintah, maupun dari lembaga non profit. Meski tidak selalu ada, namun program seperti ini bisa membantu individu dengan modal kecil untuk usaha kecil. 

Biasanya program-program ini sering kali menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan syarat yang lebih terjangkau. Tidak ada salahnya Anda mencari tahu di daerah setempat tentang program ini.

4. Peminjaman dari Keluarga atau Teman 

Alternatif pinjol yang aman jangan melupakan bantuan dari kerabat atau teman terdekat. Bahkan beberapa pinjaman dari mereka bisa Anda dapatkan tanpa adanya beban bunga.

BACA JUGA : Perbandingan Risiko Pinjol vs Paylater, Kira-kira Mana yang Lebih Ringan untuk Debitur?

BACA JUGA: 5 Keuntungan Pinjaman KTA Dibanding Pinjol serta Perbandingannya yang Wajib Nasabah Tahu

Namun tentu Anda harus melakukan peminjaman dengan cara profesional. Jangan lupa juga kembalikan uang pinjaman sesuai waktu yang sudah disepakati.

Penutup

Selain beberapa alternatif pinjaman di atas, Anda bisa manfaatkan simpanan darurat jika memang ada. Sebelum pinjam salah satu alternatif di atas, lakukanlah riset lebih dulu untuk membandingkan opsi-opsi tersebut sebelum membuat keputusan pinjaman. 

Tidak kalah penting, pastikan Anda memilih lembaga atau program yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan keuangan Anda. Jangan sampai karena pinjaman-pinjaman tersebut justru merusak kesehatan finansial Anda dan berujung terjebak hutang.

Sumber: