Dilakukan Setiap Bulan Suro! Ritual Ruwat Bumi di Wisata Guci Tegal, Mensyukuri Nikmat dari Pencipta

Dilakukan Setiap Bulan Suro! Ritual Ruwat Bumi di Wisata Guci Tegal, Mensyukuri Nikmat dari Pencipta

ritual ruwat bumi wisata guci yang dilaksanakan setiap bulan suro--

TEGAL,Radartegal.id- Kota Tegal yang terkenal dengan wisata yang memiliki panorama keindahan yang masih asri, ternyata memiliki beberapa Sejarah tradisi yang masih berkembang dimasyarakat hingga sekarang. Salah satunya ritual ruwat bumi di Tegal. 

Ritual tradisi ruwat bumi adalah tradisi yang dilakukan secara turun temurun, tradisi ini dilakukan sekitar pada Wisata Guci tepatnya di kabupaten Tegal. Ritual Ruwat Bumi diawali dengan arak-arakan gunungan hasil bumi dan sayur-mayur di sekitar Wisata Guci, Kabupaten Tegal. 

Sejumlah warga mengatakan, ritual Ruwat Bumi di Tegal dilakukan pada awal bulan Muharam merupakan tradisi turun menurun setiap tahun. Dengan ikut berebut hasil bumi, mereka meyakini akan mendapat keberkahan.

ritual Ruwat Bumi di Tegal merupakan event wisata tahunan yang menjadi hiburan tersendiri bagi warga khususnya di kawasan Wisata Guci yakni Desa Guci, Kecamatan Bumijawa dan warga Desa Rembul, Kecamatan Bojong.

BACA JUGA: 5 Tradisi Indonesia Melibatkan Pemangilan Arwah, Punya Pemaknaan Tersendiri dari Masing-masing Daerahnya

BACA JUGA: 3 Tradisi Paling Unik dari Minangkabau yang Masih Dijalankan Hingga Kini, Cek Nomer 2

Ritual  Ruwat Bumi di Wisata Guci Tegal

                                     

Ritual ruwat bumi merupakan suatu tradisi yang sudah menjadi adat istiadat dari dulu hingga sekarang yang masih dilestarikan oleh masyarakat Jawa dengan tujuan untuk membersihkan dan menyelamatkan diri dari sengkala atau biasa yang disebut dengan tolak bala.

Ritual ruwat bumi juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diberi hamparan tanah yang luas dan subur sehingga dapat memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

Tradisi ruwat bumi yang masih dilestarikan di Indonesia salah satunya adalah ruwat bumi di Kabupaten Tegal yaitu ruwat bumi guci. Ruwat bumi guci merupakan upacara tradisional tahunan yang dilaksanakan setiap bulan Muharram (Suro) oleh masyarakat yang terdiri dari dua desa yaitu Desa Rembul dan Desa Pekandangan, tradisi ini bertempat di Obyek Wisata Guci. 

Obyek Wisata Guci merupakan tempat wisata pemandian air panas yang dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk syukur atas kemakmuran yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa dan juga memohon keselamatan dari segala mara bahaya atau sebagai tolak bala.

BACA JUGA: 3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

BACA JUGA: Tradisi Pernikahan di Tegal, AkulturasiPerpaduan Budaya dan Makna yang Mendalam

Sumber: