3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali pict-istockphoto--

RADAR TEGAL - Indonesia terkenal akan kekayaan budayanya yang beragam, dimana tak luput di dalamnya terdapat tradisi-tradisi menarik yang menjadikan negara kita menarik dimata dunia. Pas banget nih pada artikel di bawah ini kami akan membahas 3 tradisi terunik di Indonesia.

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki tradisinya tersendiri yang dimana sampai saat ini bahkan masih terus ada dan terus dilestarikan supaya tidak mati dimakan zaman. Ada beberapa tradisi yang sangat menarik perhatian, berikut 3 diantaranya tradisi terunik di Indonesia yang akan kami bahas.

Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnya mengenal kebudayaan yang dimiliki oleh masing-masing daerah, selain menambah wawasan kita juga bisa saling menghormati keberagaman tersebut. Yuk kepoin 3 tradisi terunik di Indonesia berikut ini.

Tak usah berlama-lama lagi, yuk kita simak bareng artikel dari radar tegal yang akan membahas 3 tradisi terunik di Indonesia yang banyak mencuri perhatian. Salah satu tradisinya konon hanya diadakan satu tahun sekali loh.

BACA JUGA: Kampung Unik di Jawa Timur ini Punya Waktu Siang Cuma 5 Jam, Begini Kehidupannya

Tradisi terunik di Indonesia

1. Kebo-keboan

Pertama, tradisi terunik di Indonesia akan kami bahas bernama Kebo-keboan. Tradisi ini konon hanya dilakukan satu tahun sekali tepatnya pada 10 suro dan dirayakan oleh masyarakat Alasmalang, Banyuwangi.

Tradisi kebo-keboan sendiri dilakukan oleh laki-laki dimana mereka akan berdandan seperti hewan kerbau dan akan membajak sawah. Tujuan tradisi ini dilakukan adalah sebagai perayaan panen.

Masyarakat mempercayai adanya tradisi ini membawa keberuntungan sekaligus keberkahan. Adanya tradisi ini banyak menarik perhatian karena pelaku dalam tradisi ini menggunakan kostum yang unik seperti kerbau tersebut.

2. Pasola

Kedua, tradisi terunik di Indonesia akan kami bahas selanjutnya bernama Pasola. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Kodi tepatnya di Sumba Timur.

BACA JUGA: 7 Tradisi Unik di Tegal yang Masih Populer, Salah Satunya Tarian Bernuansa Magis

Tradisi ini merupakan sebuah perayaan dimana akan melibatkan dua orang kelompok yang menunggangi kuda dan membawa senjata berupa tombak. Nantinya saat tradisi ini dimulai, dua kelompok tadi akan berlomba saling melemparkan tombak ke arah lawan dengan menunggani kuda dan berkecepatan tinggi.

Sumber: