5 Tradisi Indonesia Melibatkan Pemangilan Arwah, Punya Pemaknaan Tersendiri dari Masing-masing Daerahnya

5 Tradisi Indonesia Melibatkan Pemangilan Arwah, Punya Pemaknaan Tersendiri dari Masing-masing Daerahnya

5 Tradisi Indonesia Melibatkan Pemangilan Arwah, Punya Pemaknaan Tersendiri dari Masing-masing Daerahnya pict-istockphoto--

radartegal.id - Indonesia punya beragam tradisi yang menjadi ciri khas negara ini, tradisinya sendiri pun dikenal unik-unik. Pada artikel kali ini kami akan membahas 5 tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah.

Ada beberapa tradisi di Indonesia yang dianggap sangat sakral sehingga pada prosesnya akan melibatkan arwah untuk di panggil. Ini dia 5 tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah akan kami bahas pada artikel di bawah ini.

Arwah yang dipanggil pada perayaan tradisi biasanya dilakukan dengan tujuan untuk komunikasi ataupun meminta keseimbangan maupun perlindungan, namun tujuan dipanggilnya arwah ini setiap daerah punya masing-masing pemaknaannya. Yuk cari tau lebih banyak 5 tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah tersebut pada artikel berikut.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel dari radar tegak yang akan membahas 5 tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah. Punya pemaknaan tersendiri dari masing-masing daerahnya.

BACA JUGA:4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

Tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah

1. Upacara adat beberapa suku

Pertama, tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah yang akan kami bahas adalah upacara adat beberapa suku. Banyak suku di Indonesia punya tradisi upacara adat tersendiri yang akan melibatkan pemanggilan arwah leluhur.

Contohnya dapat kita lihat pada suku Toraja di Sulawesi yang punya ritual pemakaman melibatkan komunikasi dengan arwah leluhur. Ada juga Suku Batak di Sumatra Utara yang punya tradisi pemanggilan arwah dikenal dengan "Tor-Tor" dalam upacara adat Batak.

2. Séance pada tradisi perdukunan Jawa

Kedua, tradisi Indonesia melibatkan pemanggilan arwah yang akan kami bahas selanjutnya adalah Séance pada tradisi perdukunan Jawa. Di Jawa, praktik dukun banyak digunakan dan melibatkan séance atau komunikasi dengan arwah para leluhurnya atau juga menggunakan entitas gaib lainnya.

Dukun di Jawa setiap melakukan ritualnya akan menggunakan berbagai alat seperti kendi, kain putih, atau alat musik tradisional yang bertujuan untuk memanggil arwah sekaligus mengharapkan petunjuk atau bimbingan dari makhluk tak kasat mata tersebut.

BACA JUGA:Aja Kosih Klalen! 6 Permainan Tradisional di Tegal, Menemani Masa Kecil Kalian Sebelum Ada Gadget

3. Upacara nyadran di Jawa Tengah

Sumber: