7 Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Karir Melejit dan Kedatangan Tamu?

7 Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Karir Melejit dan Kedatangan Tamu?

berikut 7 mitos capung masuk rumah--

radartegal.id - Mitos capung masuk rumah menjadi salah satu mitos di masyarakat Jawa yang masih dipercaya sampai sekarang. Hadirnya capung di dalam rumah diyakini membawa sebuah pertanda.

Selama ribuan tahun, pusar telah menjadi subjek mitos dan kepercayaan yang beragam di berbagai budaya. Salah satu mitos yang populer adalah capung yang masuk ke rumah pada siang hari ataupun malam hari.

Meskipun hal ini mungkin terdengar menarik, penting bagi kita untuk mengeksplorasi mitos capung masuk ke rumah. Pertanda tersebut dijabarkan dalam penjelasan menurut primbon Jawa yang masih diyakini sampai sekarang.

Berikut mitos capung masuk rumah sebagai pertanda baik atau buruk penghuni tersebut. Sama seperti hewan-hewan istimewa lainnya dalam primbon, kehadiran capung diyakini membawa sebuah isyarat bagi kehidupan.

BACA JUGA: Pandai Berkicau, Inilah 5 Mitos Memelihara Burung Kutilang, Benarkah Bisa Sebagai Tolak Bala Bagi Pemiliknya?

BACA JUGA: Mitos Burung Hantu yang Diselimuti Mistis, Salah Satunya Kerap Dianggap Jadi Pertanda Kematian

Mitos capung masuk rumah menurut orang Jawa

1. Capung Masuk Rumah Terbang ke Kanan

Mitos yang pertama bila ditafsirkan berdasarkan arah terbangnya. Jika capung masuk ke dalam rumah dan terbang ke arah kanan, hal ini dianggap sebagai pertanda baik.

Masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa kehadiran capung yang terbang ke arah kanan menandakan datangnya rezeki dan keberuntungan dalam waktu dekat. Mereka percaya bahwa capung merupakan simbol kesuburan dan kedamaian, sehingga kehadirannya di rumah dianggap sebagai berkah.

2. Capung Masuk Rumah Terbang ke Kiri

Sebaliknya, jika capung yang masuk ke dalam rumah tampak terbang ke arah kiri, hal ini dianggap sebagai pertanda buruk. 

Menurut primbon Jawa, diyakini hal ini menandakan datangnya masalah atau rintangan dalam kehidupan. Mimpi ini bisa diartikan akan terjadinya konflik, keributan, atau kegagalan yang akan datang dalam waktu dekat.

Sumber: