Tak Kalah dengan Nyi Roro Kidul, Pantura Tegal Juga Konon Dikuasai Nyi Rantamsari yang Cantik Jelita

Tak Kalah dengan Nyi Roro Kidul, Pantura Tegal Juga Konon Dikuasai Nyi Rantamsari yang Cantik Jelita

Legenda pantai utara Jawa--Youtube/ kang odoy channel dan edit Canva

TEGAL, radartegal.id - Siapa yang tidak kenal dengan legenda Nyi Roro kidul yang berada di pantai selatan. Ternyata ada juga loh legenda pantai utara Jawa yang ternyata juga memiliki penguasa yang cukup kuat.

Sosok tentang legenda pantai utara Jawa ini memang masih sedikit yang mengenalnya. Memang sosok legenda ini tidak begitu terkenal di kalangan masyarakat luas seperti penguasa pantai selatan.

Sosok legenda pantai utara Jawa ini adalah Nyi Rantamsari yang mungkin beberapa orang sudah mengetahuinya. Namun, banyak pula yang masih belum mengetahui tentang sosok ini.

Mirip seperti Nyi Roro Kidul, Nyi Rantamsari juga merupakan sosok yang banyak orang yakini dengan penguasa di wilayah utara. Legenda pantai utara Jawa ini perlu kamu tahu, khususnya para warga yang lebih dekat dengan wilayah utara Jawa.

BACA JUGA: Pernah Membasmi Bandit, Ini Dia Cerita Ki Ageng Soka, Tokoh Legenda di Tegal yang Sakti

BACA JUGA: Jadi Legenda Tanah Air, Begini 6 Mitos Gunung Sindoro Jawa Tengah

Sosok legenda pantai utara Jawa, siapakah dia sebenarnya?

Melansir dari Youtube kang odoy channel, nama Nyi Rantamsari ini banyak orang duga sebagai penjaga atau penguasa laut Tegal dan sekitarnya. Keberadaannya juga ternyata tidak sendirian loh.

Kabarnya terdapat pula sosok buaya putih yang ikut menjaga dan mengiringi Dewi Rantamsari. Sosok buaya putih ini berada di daerah laut Kramat, Kabupaten Tegal.

Bagi masyarakat Tegal sepertinya sosok ini memang sangat melekat dan sudah banyak juga yang mengsakralkan atau menghormati. Ada juga sebuah kisah bahwa sosok penjaga laut utara ini terkadang muncul di beberapa waktu tertentu yang terkadang ada warga yang melihatnya.

Melansir dari sumber yang sama, ada beberapa saksi dari warga sekitar yang pernah melihat sosok penjaga laut utara ini. Seorang warga bernama Darmot dari Kelurahan Slerok merupakan warga yang pernah melihat sosok ini.

BACA JUGA: Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

BACA JUGA: Mitos Jembatan Jawa Bali Tidak Bisa Dibangun, Ada Legenda Suci yang Dikhawatirkan Muncul

Sosok Damot ini kabarnya pernah melihat dengan jelas sosok dari Dewi Rantamsari ini. Menurutnya sosok ini terlihat dengan wujud wanita cantik dengan baju serba putih.

Sumber: