Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

asal-usul dan mitos desa selapura di tegal--

DUKUHWARU,radartegal.id- Beberapa desa di Kabupaten Tegal ternyata banyak menyimpan sejarah yang tak terlupakan. Bahkan banyak kisah dan mitos yang terkadang ikut menyertai asal-usul terbentuknya desa tersebut, seperti sejarah asal-usul Desa Selapura yang berada di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal.

Desa yang berdekatan dengan wilayah Jatibarang, Brebes ini ternyata menyimpan sejumlah mitos yang dipercayai masyarakat setempat. Menariknya asal-usul Desa Selapura ini dikisahkan secara turun temurun.

Sehingga, beberapa mitos pun masih melekat pada masyarakat setempat. Konon katanya asal-usul Desa Selapura berasal dari kata Sela dan Pura.

Sela dalam bahasa Jawa berarti batu besar, sebaliknya Pura berarti tempat memuja. Sehingga apabila 2 kata tersebut digabungkan jadi satu, menjadi kata Selapura yang berarti batu tempat memuja ataupun tempat memuja dari batu. 

Beberapa sisa-sisa bangunan candi konon katanya ditemui di Desa Selapura ini. Ingin tahu lebih lengkap mengenai asal-usul Desa Selapura? Simak kisahnya di sini sampai selesai.

BACA JUGA: Tak Kalah dengan Nyi Roro Kidul, Pantura Tegal Juga Konon Dikuasai Nyi Rantamsari yang Cantik Jelita

BACA JUGA: Mitos Sosok Penunggu Danau Beko di Margasari, Tegal, Jelmaan Siluman yang Kerap Meminta Korban Jiwa

Asal-usul Desa Selapura di Tegal 

                                         

Desa Selapura sendiri ialah salah satu desa di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Menilik dari etimologi bahasanya, kata Selapura berasal dari kata Sela dan Pura.

Sela dalam bahasa Jawa berarti batu besar, sebaliknya Pura berarti tempat memuja. Sehingga apabila 2 kata tersebut digabungkan jadi satu, menjadi kata Selapura yang berarti batu tempat memuja ataupun tempat memuja dari batu.

Bisa jadi makna kata Selapura itu berkaitan dengan bukti-bukti yang ada. Misalnya di Desa Selapura ditemui sisa-sisa bangunan candi, yang dibuat dari kombinasi batu andesit serta bata merah.

Oleh masyarakat setempat, candi tersebut diberi nama Candi Anjing, serta lazimnya candi adalah identik sebagai tempat buat memuja. Tidak hanya itu, terdapat pula versi yang lain tentang asal usul terbentuknya Desa Selapura.

Dari literasi lain mengatakan kata Selapura berasal dari kata salah dan diampura. Salah artinya kesalahan dan diampura berarti dimaafkan.

Sumber: