Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

Sejarah Julukan Haven Zucker Kota Tegal yang Menjadi Permulaan Pelabuhan Tegal

sejarah julukan haven zucker kota tegal--

Hasil produksi gula kemudian diangkut menggunakan kereta api hingga masuk ke pelabuhan. Pada era kolonial memang Pelabuhan Tegal pernah tersambung dengan jalur kereta api hingga ke Stasiun Tegal.Hal itu dibuat untuk mempermudah proses pengangkutan hasil bumi dari sisi selatan Tegal khususnya gula.

Selain itu komoditas lain seperti karet, getah pinus, teh, dll yang berasal dari daerah lain juga diekspor lewat Pelabuhan Tegal. Namun pamor Pelabuhan Tegal sebagai lokasi ekspor mulai meredup karena kegiatan itu mulai terpusat di pelabuhan besar seperti Semarang, Jakarta, dan Surabaya.

Saat ini untuk sisa kejayaannya masih dapat disaksikan sampai saat ini, didalam kompleks pelabuhan terdapat banyak gudang berukuran besar untuk menyimpan berbagai komoditas. Jalur kereta api yang masuk hingga area dalam pelabuhan juga sudah tidak aktif.

                                
--

Namun rel yang membentang dari Stasiun Tegal hingga dalam Pelabuhan juga masih terlihat sisanya walaupun sebagian sudah tertimbun tanah dan bangunan warga. Di era modern ini, Wilayah barat Pelabuhan Tegal bertransformasi menjadi tempat persinggahan kapal nelayan ikan dan menjadi pusat perdagangan hasil laut.

Selain itu wilayah sisi timurnya kini berubah menjadi area galangan sebagai tempat untuk perbaikan berbagai macam kapal.

Penutup

Julukan Haven Zucker Kota Tegal ternyata berawal dari sektor Pelabuhan yang berdiri disisi utara kota tegal. Kota Tegal menjadi daerah strategis pada masa kolonial. Pelabuhan Kota Tegal ini diyakini sudah berdiri sejak abad ke-15.

Demikian informasi mengenai sejarah julukan Haven Zucker Kota Tegal semoga bermanfaat. 

Sumber: