Proses Evakuasi 1.000 Warga Palestina ke Indonesia sedang Disiapkan, Menhan Prabowo Katakan Hal Ini

Proses Evakuasi 1.000 Warga Palestina ke Indonesia sedang Disiapkan, Menhan Prabowo Katakan Hal Ini

PIDATO - Prabowo menegaskan bahwa Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian dan bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina. -(dok. istimewa)-

SINGAPURA, radartegal.id - Presiden terpilih sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menyerukan gencatan senjata di Palestina demi terciptanya keamanan dan perdamaian dunia.

Dalam pernyataannya, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian dan bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina. 

Pernyataan ini disampaikan Prabowo saat berbicara di forum pertahanan dunia, International Institute for Strategic Studies Shangri-La Dialogue, di Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Dalam pidatonya, Prabowo menyoroti peristiwa tragis yang terjadi di Rafah, Gaza, yang telah mengakibatkan banyak korban jiwa, termasuk anak-anak, perempuan, dan warga sipil. 

"Insiden-insiden menyedihkan ini mendorong kita untuk segera mengadakan investigasi menyeluruh terhadap bencana kemanusiaan ini. Memahami sepenuhnya tragedi ini adalah langkah pertama yang sangat penting," ujarnya.

BACA JUGA: Tren Blockout 2024, Dukungan Terbaru pada Konflik Israel Palestina di Era Digital

Prabowo menegaskan bahwa Indonesia siap menerjunkan pasukan perdamaian jika diminta oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ucap ia yang kami kutip dari Metro TV Selasa, 4 Mei 2024.

"Kami siap mengirimkan pasukan perdamaian yang signifikan untuk menjaga dan memantau gencatan senjata yang potensial, serta memberikan perlindungan dan keamanan bagi semua pihak," tegasnya. 

Selain itu, Prabowo juga menyatakan kesiapan Indonesia untuk segera mengirimkan tenaga medis dan mendirikan rumah sakit lapangan di Gaza dengan persetujuan semua pihak terkait.

"Kami juga dalam pembicaraan dengan mitra-mitra kami untuk mempercepat pengiriman tenaga medis. Indonesia sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga Palestina yang terluka dan membutuhkan perawatan di rumah sakit Indonesia," tambahnya. 

Dilansir dari channel youtube tvOneNews Selasa, 4 Juni 2024. Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Prabowo untuk mengumumkan kesiapan Indonesia dalam hal ini.

BACA JUGA: Seruan Erdogan Terhadap PBB dan Konflik Israel Palestina, Dunia di Tangan Lima Negara

Kolaborasi Internasional untuk Perdamaian Dunia

Sumber: