Proses Evakuasi 1.000 Warga Palestina ke Indonesia sedang Disiapkan, Menhan Prabowo Katakan Hal Ini

Proses Evakuasi 1.000 Warga Palestina ke Indonesia sedang Disiapkan, Menhan Prabowo Katakan Hal Ini

PIDATO - Prabowo menegaskan bahwa Indonesia siap mengirimkan pasukan perdamaian dan bantuan kemanusiaan ke Gaza, Palestina. -(dok. istimewa)-

Posisi Indonesia di Tengah Konflik Internasional

Menanggapi pertanyaan mengenai apakah Indonesia akan memihak salah satu pihak dalam konflik global, Dahnil menegaskan bahwa Indonesia akan tetap netral. 

"Dalam politik luar negeri, Indonesia akan tetap pada kebijakan politik bebas aktif yang konstitusional," ujarnya. 

Prabowo akan menggunakan pendekatan politik tetangga baik atau good neighbor policy di kawasan regional dan politik bebas aktif secara global.

Indonesia tidak akan berpihak pada blok militer manapun. "Indonesia akan memainkan peran sebagai penjaga perdamaian di tengah, berkomunikasi dan menjaga kedekatan yang sama dengan semua negara," tambah Dahnil.

BACA JUGA: Perang Israel Palestina, IDF Bingung Lihat Keberanian Pejuang Al-Qassam Maju Tanpa Alat Tempur Khusus

Sikap Pemerintah Indonesia

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mendukung pernyataan Prabowo mengenai pengiriman pasukan perdamaian jika diminta oleh PBB. TNI juga sudah bersiap jika pengiriman pasukan perdamaian akhirnya dilakukan. 

"Ini menunjukkan sinkronisasi dengan misi pemerintahan Presiden Jokowi saat ini," kata Dahnil.

Prabowo menegaskan bahwa sikap ini akan dilanjutkan di era pemerintahannya nanti. "Dalam hal politik luar negeri, Pak Prabowo akan tetap berpijak pada politik bebas aktif untuk mewujudkan perdamaian dunia," tegas Dahnil.

Dalam berbagai kesempatan, Prabowo selalu menekankan pentingnya menjaga harmoni di kawasan dan komitmen untuk menjaga perdamaian dunia. 

"Kami akan tetap nonblok dan tidak berpihak pada blok pertahanan manapun," tutup Dahnil yang di wawancarai Metro TV.

Dengan semangat ini, Indonesia di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto siap memainkan perannya dalam menjaga dan menciptakan perdamaian dunia.

Sumber: