Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Jabal Qof disebut dalam berbagai kitab tafsir Alquran sejak berabad-abad lalu dan hingga kini masih menjadi salah satu misteri terbesar dalam khazanah Islam.-freepik-

Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang berada di zona Ring of Fire yang membentang sejauh 40.000 km di sepanjang Samudra Pasifik. Secara geologis, Indonesia terletak di antara empat benturan lempeng tektonik yang membuatnya banyak ditumbuhi gunung api.

Jabal Qof disebut sebagai induk segala gunung. Istilah ini juga populer dalam tradisi masyarakat Nusantara yang menyatakan pernah ada gunung purba yang menjadi induk segala gunung, yaitu Gunung Sunda. 

Gunung Sunda purba dikenal dengan nama Gunung Cuda yang dalam bahasa Sanskerta berarti putih. Dinamai demikian karena puncaknya selalu tertutup es atau salju.

BACA JUGA: Gunung Marapi Sumbar Erupsi, 11 Pendaki Dikabarkan Meninggal Usai Terjebak Saat Mendaki

BACA JUGA: Kisah Dibalik Gunung Bromo, Menyibak Cerita Roro Anteng dan Jaka Seger

Kesesuaian dengan Nusantara

Ciri-ciri Jabal Qof yang dikatakan hijau seperti zamrud mungkin saja metafora yang menjelaskan bahwa Jabal Qof dikelilingi alam yang subur. Kondisi tersebut sangat cocok dengan Nusantara yang juga dijuluki sebagai Zamrud Khatulistiwa. 

Cuda yang berarti putih oleh masyarakat lokal dimaknai sebagai tempat suci yang dihuni makhluk suci tak kasat mata, seperti legenda para penghuni gunung Qof.

Kesimpulan

Misteri Jabal Qof terus menjadi bahan pembahasan yang menarik. Sebagai sebuah entitas dalam tradisi Islam, Jabal Qof melambangkan kebesaran dan kekuasaan Allah. 

Terlepas dari lokasi sebenarnya yang masih menjadi misteri, gunung ini mengingatkan kita pada keindahan alam dan betapa luasnya pengetahuan yang masih belum terungkap. 

Indonesia dengan kekayaan alam dan gunung apinya, mungkin saja memiliki kaitan dengan legenda Jabal Qof yang masih tersembunyi di balik tirai misteri.

Sumber: