Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Jabal Qof disebut dalam berbagai kitab tafsir Alquran sejak berabad-abad lalu dan hingga kini masih menjadi salah satu misteri terbesar dalam khazanah Islam.-freepik-

Deskripsi Jabal Qof dalam Kitab Tafsir

Dalam kitab tafsir Astowi, Jabal Qof digambarkan sebagai gunung yang mengelilingi luasnya bumi dan terbuat dari zamrud hijau yang menyebabkan langit berwarna hijau. Gunung ini bersifat gaib, artinya tidak bisa dilihat oleh orang awam dan hanya bisa dilihat oleh orang-orang pilihan. 

Salah satu riwayat menyebutkan bahwa Raja Zulkarnain pernah bertemu dengan Jabal Qof, dan pertemuan tersebut membuatnya ingin mengetahui lebih banyak tentang rahasia Allah.

"Siapa Anda?" tanya Zulkarnain.

"Aku adalah Qof," jawab gunung itu.

"Gunung apa yang ada di sekitarmu?"

"Hanya bukit. Jika Allah hendak menggoncangkan bukit itu, maka Allah memerintahkan untuk menggoyangkan badanku, dan seketika bukit juga ikut goncang dan bumi ikut goncal," jelas Jabal Qof.

BACA JUGA: Menguak Misteri Pasar Setan Gunung Lawu, Bisa Pindah Dimensi ke Zaman Masa Lalu

BACA JUGA: 3 Tempat Wisata di Tegal yang Lagi Hits untuk Keluarga, Ada yang Tiket Masuknya Gratis

Keindahan Jabal Qof

Penyair Arab Saudi Hatim Al-Tai, menyebutkan bahwa Jabal Qof terbuat dari susunan batu zamrud berwarna hijau. Keindahan gunung ini yang terbentuk dari batu permata cantik ini juga disebutkan dalam literatur Arab lainnya.

Yang menggambarkan Jabal Qof sebagai pegunungan tertinggi yang diciptakan Allah sebagai paku berdirinya bumi dan merupakan induk dari gunung-gunung yang ada di bumi. Gunung-gunung di muka bumi ini dianggap sebagai akar dari Jabal Qof.

Selain itu, Jabal Qof juga dikatakan dihuni oleh sosok malaikat dengan wujud besar dan kuat. Sebagai gunung purba, Jabal Qof melambangkan gunung kosmis dimana alam dan supranatural bertemu.

BACA JUGA: Penuh Misteri yang Belum Terungkap, Berikut Mitos-mitos yang Ada di Gunung Indonesia

BACA JUGA: Didirikan Lebih dari 3 Abad Lalu, Klenteng Tek Hay Kiong Tegal Kini Jadi Pusat Kegiatan Tionghoa

Sumber: