Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Sejarah Jabal Qof dan Misterinya di Muka Bumi Ini, Tidak Ada yang Bisa Melihatnya

Jabal Qof disebut dalam berbagai kitab tafsir Alquran sejak berabad-abad lalu dan hingga kini masih menjadi salah satu misteri terbesar dalam khazanah Islam.-freepik-

Pendapat Gus Baha

Kyai Haji Ahmad Bahauddin Nursalim, yang lebih dikenal sebagai Gus Baha, menjelaskan bahwa keberadaan Jabal Qof banyak dijelaskan dalam kitab-kitab klasik. 

Ia menyebutkan bahwa ketika Allah ingin menggoyangkan salah satu gunung, cukup dengan menggoyangkan induknya saja, yakni Jabal Qof. 

Menurut Gus Baha, teori ini sesuai dengan pemahaman ilmiah modern dimana gempa bumi di seluruh dunia bisa dipicu oleh satu sumber pemicu utama.

BACA JUGA: Menelusuri Mitos Gunung Marapi di Sumbar yang Kini Tengah Erupsi, Aura Magis bagi para Pendaki

BACA JUGA: Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

Lokasi Jabal Qof

Meski sering digambarkan dalam literatur, lokasi pasti Jabal Qof tetap menjadi misteri. Beberapa sumber mengaitkannya dengan pegunungan di Asia Tengah seperti Pegunungan Pamir dan Himalaya. 

Namun, dalam literatur klasik Islam, Jabal Qof sering digambarkan berada di timur atau timur laut Arab, mengacu pada mitologi Persia dan Arab.

Pendapat lain menyatakan bahwa Jabal Qof berada di belakang tembok es Antartika, sesuai dengan versi penganut teori bumi datar yang percaya bahwa Jabal Qof hanya masuk akal jika bumi berupa hamparan luas yang dikelilingi oleh pagar berupa gunung Qof.

BACA JUGA: Mitos Makhluk Gaib Pasar Bubrah Gunung Merapi, Kisah Mistis Hilangnya Para Pendaki

BACA JUGA: 5 Mitos di Indonesia yang Dipercaya hingga Sekarang, Bisa Sulit Mendapatkan Jodoh dan Selalu Sial

Jabal Qof di Indonesia?

Mungkinkah Jabal Qof terletak di Indonesia? Sebagai negara dengan aktivitas gunung api paling tinggi di dunia, Indonesia memiliki 127 gunung api. 

Sumber: