6 Mitos Gunung Lawu yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri dan Masih Dipercaya Hingga Sekarang

6 Mitos Gunung Lawu yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri dan Masih Dipercaya Hingga Sekarang

--

RADAR TEGAL - Gunung Lawu merupakan salah satu gunung terkenal dan menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah. Di balik keindahan gunung yang memiliki ketinggian 3.265 mpdl ini, ada mitos Gunung Lawu yang bikin bulu kudu berdiri.

Gunung Lawu terletak di tiga kabupaten yaitu Karanganyar (Jawa Tengah), Ngawi (Jawa Timur), dan Magetan (Jawa Timur). Terdapat beberapa wisata alam seperti Tawangmangu, Cemoro Sewu, dan Sarangan. Mitos Gunung Lawu menjadi daya tarik tersendiri.

Selain terkenal dengan wisatanya, Gunung Lawu memang dikenal mempunyai banyak cerita mistis yang dipercaya oleh masyarakat sekitar. Mitos Gunung Lawu ini masih dipercaya hingga sekarang.

Bukan hanya warga sekitar, hal mistis juga kerap dialami langsung oleh para pendaki. Berikut ini beberapa mitos Gunung Lawu yang bikin bulu kuduk berdiri, berani menyimak?

BACA JUGA: 4 Larangan Mendaki Gunung yang Dipercaya Orang Indonesia, Bisa Fatal Jika Dilanggar

Mitos Gunung Lawu yang bikin bulu kudu berdiri

1. Burung Kyai Jalak

Burung jalak akan menampakkan dirinya jika para pendaki bersikap baik dan sopan. Hal ini menjadi pertanda bahwa kedatangan mereka disambut oleh para penguasa.

Kisah ini berawal dari legenda Prabu Brawijaya V dengan penjaga setianya. Selain itu, dalam mitos Gunung Lawu yang beredar, masyarakat mempercayai Kyai Jalak dipercaya bisa berubah menjadi burung jalak.

2. Berlaku Sopan

Sikap sopan harus selalu kita tanamkan, apalagi di wilayah seperti pegunungan. Contoh hal sopan yang bisa kita lakukan saat mendaki yaitu membawa pulang semua sampah, tidak merusak alam, dan mentaati arahan pendakian yang ada.

Sudah banyak kejadian pendaki hilang dikarenakan bersikap tidak sopan dan hal ini termasuk salah satu mitos Gunung Lawu yang masih dipercaya hingga sekarang. Sepatutnya kita menghormati mitos dan tempat keramat yang ada di sekitar gunung.

BACA JUGA: Mitos Makhluk Gaib Pasar Bubrah Gunung Merapi, Kisah Mistis Hilangnya Para Pendaki

3. Pasar Setan

Sumber: