Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

Misteri Kota Gaib Sigeseng Pemalang, Jejak Legenda yang Menyisakan Banyak Tanya

Terdapat kota gaib Sigeseng Pemalang yang kisahnya cukup terkenal.-(Ilustrasi Pinterest)----

radartegal.id - Apakah kamu pernah mendengar tentang kota gaib Sigeseng Pemalang? Jika belum, maka kamu sedang dalam perjalanan untuk menjelajahi misteri yang tersembunyi di pesisir utara Jawa. 

Dari cerita-cerita yang berkembang di sekitar wilayah ini, terbentanglah legenda tentang kota gaib yang konon menjadi tempat tinggal bagi makhluk-makhluk halus dan kerajaan-kerajaan mistis.

Mengutip rangkuman video youtube dari channel TRANS7 OFFICIAL berikut legenda kota gaib Sigeseng Pemalang.

Legenda dimulai dengan nama yang tak asing lagi yaitu Dewi Lanjar, ratu laut utara yang dipercaya memiliki pengaruh besar di wilayah ini. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, jika ada anak yang hilang di pantai utara, Dewi Lanjar kerap kali menjadi tudingan pertama.

BACA JUGA: Menguak Mitos Tanaman yang Disukai Hantu di Indonesia, Pohonnya mudah Ditemukan

Namun, siapakah Dewi Lanjar sebenarnya? Dalam bahasa Jawa, Lanjar memiliki arti perempuan yang sudah bercerai tapi belum memiliki anak. Namun, mitos yang mengelilingi sosok Dewi Lanjar membawa kita pada cerita yang jauh lebih dalam tentang kekuatan dan pengaruhnya.

Namun, kisah tak berhenti di situ. Perbatasan dengan Pekalongan, tepatnya di Kabupaten Pemalang, memperkenalkan kita pada kuliner nasi gromyang yang terkenal di daerah ini. Namun, di balik kelezatan nasi gromyang, tersembunyilah kisah mistis yang begitu unik. Salah satunya adalah mitos Sigeseng yang diyakini oleh warga Desa Kendalrejo, Kecamatan Petarukan. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Sigeseng?

"Tahu si Gesang adalah sebuah tempat yang diyakini masyarakat sebagai tempat yang mengerikan tapi sekarang banyak diziarahi atau dikunjungi orang sebagai tempat wisata religi," ucap Santri Kamil, seorang warga setempat.

"Sigeseng itu dikenal dengan jimat Jambu Karang berada di Desa Kendalrejo, Kecamatan Tarukan, banyak dipercaya orang sebagai tempat mistis pesugihan," tambah Hayi, warga lainnya.

BACA JUGA: 5 Mitos Hewan Pembawa Kesialan, Salah Satunya Ada Kucing yang Terkenal Menggemaskan

Kota gaib Sigeseng Pemalang, begitulah sebutan untuk kerajaan makhluk gaib yang berada di pesisir pantai utara Jawa, tepatnya di Desa Kendalrejo. Kisah-kisah mistis yang beredar dari tempat ini begitu terkenal di kalangan masyarakat Pemalang dan sekitarnya.

Bahkan, daya tariknya telah menarik perhatian para penjelajah dunia supranatural yang kerap menggelar ritual-ritual tertentu di sana. Selain mitos tentang kerajaan Goib Sigaseng, terdapat pula petilasan dari zaman dahulu, seperti petilasan Syekh Maulana Maghribi dan Syekh Jambu Karang.

Sumber: