Menguak Misteri Pasar Setan Gunung Lawu, Bisa Pindah Dimensi ke Zaman Masa Lalu

Menguak Misteri Pasar Setan Gunung Lawu, Bisa Pindah Dimensi ke Zaman Masa Lalu

SEREM - Kisah misteri pasar setan Gunung Lawu ini menjadi daya tarik tersendiri yang menambah keunikan dan tantangan bagi para petualang.-freepik-

RADAR TEGAL - Gunung Lawu, puncak keenam tertinggi di Pulau Jawa, menjadi salah satu gunung favorit bagi para pendaki, terutama dari dalam negeri. Trek pendakiannya bervariasi, mulai dari yang landai hingga curam, dan jalurnya relatif sudah tertata dengan baik. 

Gunung ini memiliki beberapa puncak seperti Hargo Dalem dan Hargo Dumilah, dengan titik tertinggi berada di 3.265 meter di atas permukaan laut. Namun, bagi para pendaki, Gunung Lawu bukan hanya menawarkan keindahan, tetapi juga kisah mistis yang terkenal, salah satunya adalah pasar setan.

Misteri Pasar Setan Gunung Lawu

Dikutip dari kanal youtube TRANS7 OFFICIAL yang bertemu dengan Rizal sebagai narasumbernya. Rizal adalah seorang mahasiswa sekaligus pekerja lepas, yang pada akhir tahun 2021 bersama beberapa temannya memutuskan mendaki Gunung Lawu melalui jalur pendakian via Candi Cetho. 

Rizal dan rombongan melewati Candi Kethek, peninggalan Hindu dari abad ke-15. Dari sini, Rizal mulai merasakan keanehan ketika sosok tak biasa muncul di sudut pandangnya.

"Saya merasa ada yang melihat saya dari ujung mata, seperti sosok berwarna hijau," kata Rizal. Meskipun merasa aneh, dia tetap fokus berjalan agar cepat sampai di pos berikutnya. 

Anehnya, seekor anjing tiba-tiba mengikuti mereka.

"Katanya kalau anjing itu ikut, berarti rombongan dijaga," ujar Rizal.

Setelah anjing berhenti mengikuti, Rizal mengalami peristiwa di luar nalar. Dia melihat sosok laki-laki tua berpakaian putih, yang muncul berulang kali di sepanjang jalur.

Meskipun mengetahui bahwa itu adalah makhluk gaib, Rizal memilih untuk tidak memberitahu kelompoknya. Mereka akhirnya sampai di Pos 6, pada ketinggian 2.950 meter di atas permukaan laut, dan memutuskan untuk beristirahat. 

Di sini, gangguan gaib semakin terasa. Teman perempuan Rizal mengalami kakinya ditarik oleh sosok anak kecil yang terdengar mengajaknya bermain.

"Dia tidak bisa tidur semalaman karena merasa diganggu," kata Rizal.

Sebelum melanjutkan perjalanan, Rizal memastikan apakah temannya masih ingin ikut naik, mengingat tempat selanjutnya adalah Pasar Dieng, lokasi terkenal angker. 

Pasar setan ini konon menjadi pusat aktivitas gaib di Gunung Lawu, dengan sering terdengar keriuhan tak kasat mata.

Sumber: