Pj Gubernur Jateng Terima Delegasi Amerika Latin dan Karibia, Wacana Sister Province Terungkap

Pj Gubernur Jateng Terima Delegasi Amerika Latin dan Karibia, Wacana Sister Province Terungkap

KUNJUNGAN- Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menerima kunjungan kehormatan dari delagasi Amerika Latin dan Karibia di kantornya.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SEMARANG, radartegal.id - Wacana sister province Jawa Tengah dengan Meksiko terungkap, Kamis, 30 Mei 2024. Hal ini diungkapkan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat menerima kunjungan kehormatan dari delagasi Amerika Latin dan Karibia di kantornya.

Dalam kunjungan itu, Nana Sudjana mengakui mendorong kerja sama sister province dan sister city. Menurutnya, kerja sama ini akan bermanfaat dalam berbagai sektor, tidak hanya bisnis dan industri.

"Ke depan kita mencoba untuk menjalin sister province dengan Meksiko. Kami harapkan ke depan forum ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan kerja sama," katanya.

Delegasi Amerika Latin dan Karibia yang datang di antaranya Kepala Perwakilan Kolombia Jenny Tatiana Rodriguez Espinosa; Kepala Perwakilan Meksiko Ricardo Becerril; Konselor Chili Camila Eggers; Kepala Promosi dan Perdagangan Brazil Lindolpho Antonio Cademartori de Almeida Araujo; dan Dubes Designate Kuba Dagmar Gonzalez Grau.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Dorong Pemerataan Kualitas Sekolah: Bagus, Sudah Tidak Ada Lagi yang Favorit

BACA JUGA: Dituntut Lebih Inovatif, Pj Gubernur Jateng Lantik Muhammad Masrofi Jadi Pj Bupati Banjarnegara

"Baru saja kita mengadakan pertemuan dengan Kementerian Luar Negeri Indonesia yang membawa delegasi beberapa negara dari Amerika Latin dan Karibia. Mereka datang ke Semarang, Jawa Tengah, dalam rangka kunjungan kerja dan kunjungan kehormatan," kata Nana Sudjana usai pertemuan dengan delegasi Amerika Latin dan Karibia,.

Poin penting yang dibahas dalam pertemuan dengan delegasi Amerika Latin dan Karibia tersebut adalah peluang bisnis Jawa Tengah dengan dua negara tersebut. Seperti industri investasi dan perdagangan.

Nana mengatakan, kerja sama bidang perdagangan antara Provinsi Jawa Tengah dengan beberapa negara tersebut sudah berjalan. Bahkan, sudah rutin melakukan ekspor produk-produk unggulan ke negara-negara tersebut. 

Dalam pertemuan delegasi Amerika Latin dan Karibia itu juga terungkap jika neraca perdagangan ekspor-impor Jawa Tengah di negara Amerika Latin dan Karibia menunjukkan tren positif. Ekspor non-migas Jawa Tengah pada bulan Januari-Maret 2024 sebesar US$ 93,848,254 juta atau naik 9,22% dibanding pada periode yang sama tahun 2023 sebesar US$ 85,926,073 juta. 

BACA JUGA: Pj Gubernur Jateng Bicara di WWF Bali 2024, Ini yang Disampaikannya

BACA JUGA: Jabatan Pj Bupati Batang dan Jepara Kembali Diperpanjang, Pj Gubernur Jateng: dari Kemendagri

Sumber: