Sempat Viral, Cek Fakta Mitos Cungkir Emas Soekarno di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal

Sempat Viral, Cek Fakta Mitos Cungkir Emas Soekarno di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal

Inilah mitos cungkir emas soekarno yang ada di Waduk Cacaban--

KEDUNGBANTENG, Radartegal.id - Waduk Cacaban merupakan salah satu bendungan besar di Kabupaten Tegal yang memiliki panorama yang indah. Namun di balik keindahannya, waduk ini ternyata menyimpan banyak mitos dan cerita yang dipercaya oleh masyarakat sekitarnya, salah satunya tentang mitos cungkir emas Soekarno.

Mitos cungkir emas Soekarno konon ada di dasar perairan waduk. Jika ditelusuri dari sejarahnya, pembangunan waduk ini memang dimulai saat era Presiden Soekarno pada tahun 1952.

Saat itu tempat yang akan dibangun waduk masih berbentuk pedusunan berjumlah 9 desa yang direlokasi demi terwujudnya rencana pembangunan waduk di daerah itu. Namun tidak diketahui kebenaran informasi tersebut, sehingga fakta mengenai mitos cungkir emas Soekarno masih simpang siur.

Oleh karena itu artikel kali ini akan membahas mengenai mitos cungkir emas Soekarno di balik keindahan Waduk Cacaban. Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu asal-usulnya, silakan simak informasinya sampai selesai ya.

BACA JUGA: Mitos Waduk Cacaban Tegal yang Masih Dipercaya Masyarakat: Tumbal dan Sosok Penunggu yang Bikin Merinding

BACA JUGA: Kereeen... Waduk Cacaban 'Casing Baru' Fasilitasnya Super Lengkap, Akan Disulap Jadi Destinasi Pemancingan Ter

Mitos Cungkir Emas Soekarno di Waduk Cacaban

Mitos cungkir emas Soekarno di Waduk Cacaban berawal dari prosesi peletakan batu pertama. Soekarno hadir di Tegal dan meletakan batu dengan menggunakan cungkir emas.

Dari sejarah inilah beredar mitos jika cungkir emas yang digunakan sang Proklamator masih terdapat di dalam dasar waduk. Soekarno juga disebut menjadi tokoh yang memberikan nama Cacaban pada waduk ini.

Asal katanya dari bahasa Jawa, yaitu ancaban yang artinya menarik perhatian atau buat penasaran. Selain cungkir Soekarno, beberapa cerita lain juga beredar di sekitar Waduk Cacaban.

Namun kebanyakan hanya mitos belaka, meski menurut penuturan warga sekitar, hal ganjil memang kerap kali terjadi di Waduk Cacaban Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Mengenal Mitos di Balik Pesona Keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban, Konon Ada Ular Raksasa

BACA JUGA: Mengejutkan! Ternyata Ada Status Tanah di Guci dan Cacaban Kabupaten Tegal yang Tidak Bertuan

Sumber: