Mengenal Mitos di Balik Pesona Keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban, Konon Ada Ular Raksasa

Mengenal Mitos di Balik Pesona Keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban, Konon Ada Ular Raksasa

Mengenal Cerita Mitos Dibalik Pesona Keindahan Waduk Cacaban--

RADAR TEGAL - Obyek wisata Waduk Cacaban merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Kota Tegal yang terletak di Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tempat ini dikenal dengan pemandangan yang asri dengan latar Gunung Semar.

Obyek Wisata Waduk Cacaban dibangun pada tahun 1995 sebagai proyek pembangunan irigasi nasional. Selain itu, tempat ini mencapai masa kejayaan dengan luas waduk sekitar 1.200 hektar.

Pesona keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban sudah terdengar oleh berbagai lapis masyarakat di luar wilayah Tegal. Namun, tidak terlepas dari keindahannya, tempat ini menyimpan cerita mitos yang sampai sekarang masih dipercaya oleh penduduk sekitar.

Lantas, apa saja cerita mitos di balik pesona keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban? Berikut ulasannya yang bisa kamu simak.

BACA JUGA: 5 Tempat Mistis di Tegal yang Jarang Warganya Ketahui, Nomor 2 Sering Dilewati Orang Setiap Hari

BACA JUGA: Bikin Penasaran! Benarkah Waduk Cacaban Tegal Dulunya Sebuah Desa? Ini Sejarahnya

Mitos di balik keindahan Obyek Wisata Waduk Cacaban 

1. Merawat Kesimbangan Alam dengan Menghanyutkan Kepala Sapi

Salah satu cerita mitos Obyek Wisata Waduk Cacaban yang sangat terkenal dengan menghanyutkan kepala sapi. Setiap tahun, masyarakat sekitar waduk ini melakukan ritual menghanyutkan kepala sapi dengan tujuan untuk keseimbangan alam, seperti kekeringan, mencegah banjir dan wabah penyakit.

Jika ritual ini tidak dikerjakan, konon akan memakan tumbal. Ritual menghanyutkan kepala sapi ini disebut dipersembahkan kepada Dewi Padi, sosok penjaga kesejahteraan pertanian.

Sampai sekarang cerita mistis ini masih dipegang teguh oleh penduduk sekitar. Karena dianggap sebagai simboli keseimbangan antara alam dan manusia.

2. Legenda dan Kenyataan: Misteri Ular Raksasa

Cerita mitos Obyek Wisata Waduk Cacaban berikutnya yaitu legenda ular raksasa. Legenda ini telah ada dari generasi ke generasi yang tak pernah dipisahkan dari legenda Waduk Cacaban.

BACA JUGA: 5 Kisah Mistis Mitos Tegal yang Terkenal, Urban Legend yang Masih Dipercaya Hingga Saat Ini

Sumber: