6 Kerajinan Tangan Paling Unik di Indonesia, Menjadi Kekayaan Budaya yang Patut Dibanggakan

6 Kerajinan Tangan Paling Unik di Indonesia, Menjadi Kekayaan Budaya yang Patut Dibanggakan

6 Kerajinan Tangan Paling Unik di Indonesia, Menjadi Kekayaan Budaya yang Harus Selalu Dibanggakan pict-istockphoto--

radartegal.id - Indonesia terkenal akan negara yang punya kebudayaan paling beragam dan unik dimana tidak dimiliki oleh negara-negara lainnya, salah satu keunikannya datang dari kerajinan tangan khas dibuat oleh tangan-tangan orang Indonesia. Pada artikel berikut kami akan membahas 6 kerajinan tangan paling unik di Indonesia.

Banyaknya kerajinan tangan unik dari Indonesia ini penting kita lestarikan agar selalu ada dan menjadi ciri sendiri dari budaya kita. Ini dia 6 kerajinan tangan paling unik di Indonesia tersebut, kami akan membahasnya pada artikel di bawah ini.

Kita semua harus bangga dengan hasil tangan orang-orang di negri kita dan sebisa mungkin menggunakan produk-produk buatan tersebut. Yuk kita kepoin 6 kerajinan tangan paling unik di Indonesia itu.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel dari radar tegal tentang 6 kerajinan tangan paling unik di Indonesia. Menjadi kekayaan budaya yang harus selalu dibanggakan.

BACA JUGA: 3 Tradisi Paling Unik dari Minangkabau yang Masih Dijalankan Hingga Kini, Cek Nomer 2

Kerajinan tangan paling unik di Indonesia 

1. Batik

Pertama, kerajinan tangan paling unik di Indonesia ada Batik. Tentu kerajinan satu ini sudah banyak orang yang tau, terlebih diacara-acara formal banyak orang yang menggunakan pakaian batik untuk menunjukkan kebanggaan atas karya Indonesia ini.

Batik dibuat dengan menerapkan teknik pewarnaan kain tradisional. Bahan pembuatannya berasal dari lilin sebagai resist untuk menciptakan pola-pola yang indah dan kompleks.

2. Tenun

Kedua, kerajinan tangan paling unik di Indonesia selanjutnya adalah Tenun. Proses pembuatan tenun menggunakan cara menganyam benang hingga menghasilkan sebuah kain dengan ciri yang unik dan artistik, biasanya dalam pembuatannya menggunakan sebuah alat tenun tradisional.

Indonesia punya banyak tradisi tenun dari Sabang sampai Merauke. Dimana tiap-tiap daerah tersebut punya teknik, motif, dan warnanya tersendiri yang membuatnya khas mencerminkan kekayaan budaya.

BACA JUGA:3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

Tenun tidak hanya menjadi kerajinan tangan, akan tetapi sebagai bagian penting dari identitas budaya dan keberlanjutan ekonomi masyarakat di berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Sumber: