Ternyata Ini Keunikan Batik Tegalan yang Bikin Emak-emak di Tegal Semangat Belajar Membatik

Ternyata Ini Keunikan Batik Tegalan yang Bikin Emak-emak di Tegal Semangat Belajar Membatik

Emak-emak di Tegal belajar membatik agar batik Tegalan bisa go internasional--

TEGAL, radartegal.id - Motif batik Tegalan ternyata memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan motif lainnya. Itu, merupakan perpaduan geografis wilayah Tegal yang merupakan wilayah agraris sekaligus Bahari.

Melihat keunikan itu, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Tegal mendorong agar batik Tegalan bisa go internasional. Karenanya, digelarlah pelatihan kepada para pengrajin batik yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Desa Bengle Kecamatan Talang Kabupaten Tegal.

Kepala KPw BI Tegal, Marwadi mengatakan Batik Tegalan merupakan salah satu warisan budaya yang masih eksis hingga saat ini. Batik Tegalan kaya akan nilai-nilai sejarah, keindahan motif dan makna simbolik yang mendalam di dalamnya.

"Jika kita lihat, motif yang ada di batik ini memadukan geografis Tegal yang berada pesisir pantai utara. Yakni, agraris dan Bahari," ujarnya.

BACA JUGA: 6 Motif Batik Larangan Keraton Yogyakarta, Salah Satunya yang Digunakan Raja dan Putra Mahkota

BACA JUGA: Belajar Membatik, Siswa Tuna Rungu di SLB Negeri Kabupaten Tegal Fokus Pegang Canting Bareng Guru

Karenanya, kata Marwadi, pihaknya ingin manfaatkan potensi itu sebaik mungkin. Salah satunya dengan menggelar Capacity Building Ragam Hias dan Pembendaharaan Desain dan Motif Batik Tegal UMKM.

"Kita ingin memanfaatkan potensi ini sebaik mungkin. Kemudian juga menjadikannya bisa go internasional," ujarnya.

Melalui kegiatan itu, kata Marwadi, pihaknya berharap para pelaku UMKM bisa menjadikan setiap momen dalam pelatihan ini. Tentunya, sebagai langkah menuju kesuksesan dalam melestarikan dan mengembangkan seni batik Tegalan.

"Melalui capacity building ini, diharapkan semua para pengrajin berkesempatan untuk memahami lebih dalam proses pembuatan desain dan motif batik Tegalan. Sehingga tidak hanya mampu memenuhi untuk lokal saja tapi mampu mengakomodir selera pasar nasional atau bahkan selera internasional," tegasnya.

BACA JUGA: Industri Batik Diminta Ramah Lingkungan, Bupati Tegal Umi Azizah: Bisa Di-Branding

BACA JUGA: Mantap Nih! 150 Pelaku IKM Batik di Kabupaten Tegal Dapat Bantuan Paket Bahan Baku

Menurut Marwadi, pihaknya terus berupaya memberikan kontribusi terbaik. Untuk meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian. 

Sumber: