7 Penyebab Motor Tiba-tiba Mati saat Jalan, Penting Banget dan Jangan Diremehkan!

7 Penyebab Motor Tiba-tiba Mati saat Jalan, Penting Banget dan Jangan Diremehkan!

Penyebab Motor Tiba-Tiba Mati saat Jalan.--

Radartegal.id – Motor tiba-tiba mati saat jalan, tentu menjadi salah satu pengalaman yang kurang menyenangkan bukan. Supaya tidak terulang lagi, kita tentu harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya.

Perlu Anda ingat bahwa mesin motor yang mati secara mendadak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk itu, simak ulasan ini lebih lanjut mengenai motor tiba-tiba mati saat  jalan, ya.

Untuk meminimalisir motor tiba-tiba mati saat jalan Anda perlu mengetahui penyebabnya seperti berikut. Sehingga Anda tidak akan khawatir lagi motor tiba-tiba mogok.

Penyebab motor tiba-tiba mati saat jalan

1. Mesin Motor Mengalami Overheat

Tahukah Anda bahwa salah satu penyebab motor mati mendadak yakni mesin motor terlalu panas atau overheat. Hal ini terjadi ketika kipas pendingin pada motor mati, oli pada mesin mengalami kebocoran atau  tersumbat, dan penggunaan mesin yang terlalu lama.

BACA JUGA: 7 Cara agar Motor Matic Tidak Overheat saat di Perjalanan, Pastikan Cek Beberapa Hal Ini

BACA JUGA: 7 Cara Agar Rangka Motor Awet dan Tetap Prima untuk Pemakaian Jangka Panjang

Untuk dapat mengetasi hal ini, Anda  dapat mengistirahatkan motor Anda beberapa saat. Pastikan juga Anda  rutin untuk melakukan servis motor secara berkala supaya terhindar dari kebocoran pada radiator, ya.

2. Belum Ganti Oli

Belum ganti oli dengan jangka waktu yang cukup lama juga bisa menyebabkan motor Anda mati mendadak, lho. Perlu Anda ingat bahwa oli dianjurkan ganti sekitar 2 hingga 3 bulan setelah penggunaan awal atau setelah motor menempuh jarak 3.000 kilometer.

Fungsi oli dalam hal ini untuk mengurangi gesekan antarkomponen yang dapat menyebabkan timbulnya panas pada mesin. Dengan keadaan oli yang habis masa  pakainya, maka akan membuat gesekan dan panas yang  ditimbulkan juga semakin besar.

3. Bahan Bakar Motor Habis

Penyebab motor tiba-tiba mati saat jalan yakni motor Anda kehabisan bahan bakar. dengan begitu, mesin kendaraan tidak dapat bekerja kerena bahan bakar tidak tersedia.

BACA JUGA: Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

BACA JUGA: Astra Motor Jateng Seleksi Pelajar Calon Peserta Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2024

Habisnya bensin juga dapat Anda ketahui pada  saat mesin motor yang tersedat-sedat pada saat Anda nyalakan. Apabila mesin sudah benar-benar sulit  untuk  menyala, maka Anda  perlu cek tangki bahan bakar  motor terlebih dahulu, ya.

4. Filter Udara pada Motor Kotor

Pembersihan filter udara pada motor perlu Anda lakukan untuk menghindari penyumbatan pada mesin. Hal ini karena, filter udara mempunyai fungsi yang cukup krusial yakni sebagai penyaring debu dan kotoran supaya tidak bercampur dengan bahan bakar.

Jadi, ketika debu yang menempel pada filter udara  terlalu banyak serta  bertumpuk. Maka akan penyebabkan tarikan gas terasa lebih  berat  dan berpotensi menjadi penyebab mesinmotor Anda tiba-tiba mati.

5. Busi Motor Mengalami Kerusakan

Busi berfunsgi untuk alat pengapian supaya menimbulkan percikan api yang menghasilkan pembakaran dari campuran udara.  Ledakan kecil dari busi inilah yang membuat mesin pada motor Anda  menyala.

BACA JUGA: 5 Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Terapkan Prinsip Ini Supaya Tetap Hemat

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Motor Bebek Murah Mesin Paling Bandel 2024, Suku Cadang Terjangkau

Oleh karena itu, apabila busi rusak dan tidak dapat  menghasilkan percikan api. Maka akan menyebabkan motor tidak  dapat menyala alias mati, ya.

6. Main Jet Mampet

Main jet merupakan komponen kecil pada motor yang  berfungsi sebagai pinntu keluar bensin dari mangkuk karburato atau  bagian penampungan  bensin. Jadi, ketika bagian ini mampet maka secara otomatis bensin yang ada tidak dapat disalurkan dengan baik.

Hal tersebutlah yang menyebabkan motor Anda jadi mogok.

7. Tidak Melakukan Servis Rutin

Tahukah Anda bahwa servia rutin merupakan salah satu hal wajib yang harus Anda lakukan supaya performa motor Anda tetatp berfungsi  dengan baik dan terjaga. Ada pun servis motor ini, sebaiknya Anda lakukan dua bulan sekali.

BACA JUGA: Cara Membersihkan CVT Motor Matic Tanpa Perlu Bantuan Mekanik, Bisa Dilakukan di Rumah

BACA JUGA: Bisa Boncos Jika Dilupakan, Begini Cara Hemat Merawat Motor dengan Baik

Demikian ulasan mengenai motor tiba-tiba mati saat jalan. Semoga bermanfaat.

Sumber: