5 Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Terapkan Prinsip Ini Supaya Tetap Hemat

5 Penyebab Motor Matic Boros Bensin, Terapkan Prinsip Ini Supaya Tetap Hemat

Penyebab Motor Matik Boros Bensin.--

RADAR TEGAL – Motor matic telah menjadi pilihan utama bagi kebanyakan masyarakat Indonesia karena nyaman dan praktis untuk digunakan. Hal tersebut terlihat dari jumlah pengendara motor matic di Indonesia  yang makin meningkat.

Namun, sayangnya banyak pengguna yang mengeluh jika motor matic boros bensin. Berikut ini penyebab motor matic boros bensin.

Tahukah Anda bahwa mayoritas pabrik motor telah mengandalkan injeksi untuk motor matic guna membuat kendaraan jauh lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lalu, apa yang menyebabkan motor matic boros bensin?

Perlu Anda ingat bahwa hemat atau tidaknya konsumsi bahan bakar pada motor dipengaruhi oleh kondisi motor dan perlakuan yang diberikan dari Anda. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab motor matik boros bensin seperti berikut ini.

Penyebab motor matic boros bensin

1. Jarang Ganti Oli

Penggantian oli secara rutin di waktu tertentu atau setelah kilometer tertentu, terdengar sepele bagi beberapa pengendara. Faktanya, hal tersebut dapat mempengaruhi motor Anda jadi boros bensin, lho.

BACA JUGA: 5 Tips Anti Rem Blong, Cara Mengerem Motor Matic di Turunan yang Benar

Diketahui, apabila Anda telat untuk mengganti oli, maka kerja mesin motor akan menjadi lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak bahan bakar yang digunakan untuk membuat mesin bekerja lebih keras dari biasanya.

2. Tekanan Angin pada Ban Motor Terlalu Rendah

Tahukah Anda bahwa tekanan angin pada ban motor matic idealnya berkisar antara 28 hingga 30 Psi untuk roda depan. Sedangkan bagian roda belakang antara 31 hingga 33 Psi.

Adanya kombinasi tekanan angin tersebut, dapat Anda gunakan apabila  lebih sering menggunakan kendaraan. Jadi, usahakan tekanan angin pada ban motor matic Anda tidak kurang dari  angka yang direkomendasikan, ya.

Hal ini karena, ban yang kempes akan menciptakan hambatan gulir lebih besar sehingga membuat laju jadi semakin berat. Dengan Anda menjaga tekanan angin ban pada motor Anda selalu ideal, maka  dapat menghindari masalah pada roda contohnya saja pelek retak ketika menghantam lubang atau  pun ban bocor.

BACA JUGA: Ini Nih Penyebab Mounting Mesin Motor Matic Rusak, Jangan Sampe Dibiarin!

3. Terlalu Lama Memanaskan Mesin

Penyebab motor matic boros bensin selanjutnya yakni Anda terlalu lama memanaskan mesin. Meskipun kegiatan ini sering dilakukan dan baik juga untuk Anda lakukan.

Namun, memanaskan mesin terlalu lama akan membuat motor matic menjadi lebih boros bensin, lho. Nah, supaya masalah ini tidak terjadi, maka sebaiknya Anda memanaskan mesin motor dalam waktu singkat saja, ya.

4. Berkendara mengabaikan Eco Riding

Tahukah Anda bahwa gaya berkendara dengan mempraktikkan prinsip eco riding pada motor ternyata dapat membantu Anda untuk menghemat bahan bakar, lho. Salah satunya  yakni dengan membuka dan menutup tuas gas secaa gradual, bukan mendadak.

Berikutnya yakni berkendara dengan kecepatan yang konsisten. Hal ini bukan berarti Anda harus pelan pelan, justru dengan Anda melaju dengan kecepatan tinggi dapat menghemat bensin asalkan dibarengi dengan teknik coasting, ya.

BACA JUGA: Ternyata Selama Ini Kita Salah, Ini Fungsi Sebenarnya Behel Motor Matic yang Bukan untuk Pegangan

Lalu, apa itu teknik coasting pada motor? Teknik coasting yakni Anda memanfaatkan momentum tertentu untuk membawa motor melaju lebih cepat. Sehingga, dorongan tenaga tidak  sepenuhnya berasal dari mesin, Anda hanya  cukup membuka tuas gas tipis-tipis saja.

5. Filter Udara Pada Motor Kotor

Filter udara pada motor kotor ini ternyata sering diremehkan oleh beberapa pengendara, lho. Faktanya, dengan filter udara yang kotor maka akan membuat aliran udara ke ruang bakar terkendala.

Hal tersebut dapat menyebabkan efek proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan membuat motor jadi lebih boros bensin.

Demikian ulasan mengenai penyebab motor matic boros bensin. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: