Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

Motor Matic Tidak Bisa Distarter Atau Diengkol? Jangan Khawatir Ini Solusinya--Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Bingung dan frustasi motor matic tidak bisa distarter maupun diengkol? Tenang tidak perlu panik. Berikut solusi lengkapnya bisa Andai simak pada penjelasan artikel berikut ini.

Motor matic tidak bisa distarter maupun diengkol memang menjadi mimpi buruk bagi para pengguna motor tersebut. Keadaan ini mengharuskan pengendara mendorong motornya ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

Lebih parahnya lagi, motor matic tidak bisa distarter atau diengkol umumnya memiliki biaya perbaikan yang mahal. Karena itu, penyakit motor matic ini paling dibenci dan menyebalkan terlebih jika sedang berada di tengah jalan.

BACA JUGA: Ini Nih Penyebab Mounting Mesin Motor Matic Rusak, Jangan Sampe Dibiarin!

Namun jangan risau, pada pembahasan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengatasi motor matic tidak bisa distarter atau diengkol. 

Penyebab motor matic tidak bisa diengkol dan distarter

Namun sebelum masuk ke pembahasan utama, mari kita ketahui terlebih dahulu 4 penyebab umum motor matic tidak bisa diengkol mapun distarter.

1. Aki Lemah

Penyebab paling umum pertama motor matic tidak bisa diengkol maupun distarter adalah akinya yang sudah lemah. Apabila aki sudah lemah, maka tidak bisa menghasilkan pengapian untuk menghidupkan mesin.

BACA JUGA: Mesin Motor Sulit Distarter? Bisa Jadi Busi Sudah Saatnya Diganti, Ini 6 Ciri-cirinya

2. Kick Starter Macet

Kick starter atau bagian yang biasa digunakan untuk mengengkol motor matic ketika akan dinyalakan juga bisa macet. Macetnya kick start biasanya disebabkan oleh karat atau kotoran mesin yang menggumpal dan mengeras.

3. Busi Sudah Rusak

Penyebab selanjutnya motor matic tidak bisa distarter atau diengkol selanjutnya adalah busi yang sudah rusak atau kotor. Dengan begitu, proses pembakaran tidak bisa sempurna dan endingnya motor tidak bisa menyala.

Sumber: