Aja Kosih Klalen! 6 Permainan Tradisional di Tegal, Menemani Masa Kecil Kalian Sebelum Ada Gadget

Aja Kosih Klalen! 6 Permainan Tradisional di Tegal, Menemani Masa Kecil Kalian Sebelum Ada Gadget

permainan tradisional di tegal--

TEGAL, radartegal.id - Kalian pasti pernah memainkan permainan yang menyenangkan dan dilakukan secara bersama-sama dengan teman sebelum permainan di gadget marak. Berikut kita akan coba membahas permainan tradisional di Tegal.

Mungkin beberapa dari kita sudah lupa atau bahkan sudah tidak kenal lagi dengan permainan tradisional di Tegal yang berjaya sebelum era smarthphone berjaya. Ketika itu belum banyak permainan modern masuk.

Sekarang, permainan tradisional di Tegal mulai hilang dan digantikan gadget dengan berbagai variasi permainan di dalamnya. Namun kita harus tetap melestarikan berbagai permainan tersebut.

Untuk mengingat kembali permainan tradisional di Tegal semasa kecil dulu, berikut ulasan mengenai hal itu. 

BACA JUGA: Misteri Permainan Tradisional Jailangkung, Ternyata Permainan Ini Asalnya Bukan dari Tanah Jawa

BACA JUGA: Kisah di Balik Kelezatan Tradisional Kupat Bongkok Tegal yang Legendaris Berkat Cita Rasa yang Unik

Permainan tradisional di Tegal 

                          

1.  Rok Ndodok 

Rok Ndodok yaitu permainan tradisional pertama yang mengharuskan kita jongkok sebelum tersentuh oleh si-lakon. Bagi para pemain, diharuskan menyentuh teman lainnya sebelum jongkok.

Jadi kita harus berlari meraih teman lain yang sedang jongkok untuk kemudian kita bergantian jongkok dan teman kita yang satunya berdiri dan berlari meraih teman lainnya. Sementara si-lakon mengejar teman yang sedang berlari agar tidak bisa meraih teman lainnya.

2. Neker

Permainan ini juga tidak kalah populer dengan Rok Ndodok, permainan menggunakan media kelereng atau gundu. Ada banyak jenis permainan In-innan. 

Cara bermainnya kita diharuskan mengenai kelereng lawan dengan menjentikkan kelereng kita agar kelereng lawan jauh dari sasaran. Sasaran yang digunakan biasanya batu atau sebuah lubang. Bagi yang kalah, kelereng tersebut akan menjadi hak milik si pemenang.

Sumber: