Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

tradisi khas pernikahan di tegal--

3. Panggih Manten

Pada hari pernikahan, rangkaian acara diawali dengan prosesi panggih manten, yaitu pertemuan antara kedua mempelai. Pengantin pria biasanya diarak menuju rumah pengantin perempuan dengan membawa berbagai macam hantaran pernikahan.

Di depan pintu rumah pengantin perempuan, mereka akan dihadang oleh berbagai rintangan simbolis yang harus dilalui, seperti membelah pisang, menginjak telur, dan melewati tali benang. Tradisi ini melambangkan perjuangan dan tekad pengantin pria untuk mendapatkan cintanya.

BACA JUGA: Sejarah Kota Tegal yang Jangan Sampai Terlupakan, Ini Pesan Terakhir Ki Gede Sebayu

4. Brobosan

Tradisi pernikahan brobosan dilakukan setelah resepsi pernikahan dan merupakan momen perpisahan antara pengantin perempuan dengan keluarga dan teman-temannya. Pengantin perempuan akan berjalan keluar dari rumah dengan membawa barang-barang bawaannya dan diiringi oleh tangisan haru dari keluarga yang ditinggalkan.

5. Upacara Akad Nikah

Upacara akad nikah merupakan inti dari tradisi pernikahan. Di Tegal, akad nikah biasanya dipimpin oleh seorang penghulu dan dihadiri oleh keluarga dan saksi dari kedua mempelai.

Dalam akad nikah, pengantin pria akan mengucapkan ijab kabul, yaitu janji untuk menerima dan menafkahi pengantin perempuan sebagai istri yang sah.

BACA JUGA: Wajib Dicoba! 6 Rekomendasi Kuliner Enak di Tegal yang Murah Meriah, Sekali Icip-icip Bikin Nagih

Kesimpulan

Tradisi pernikahan di Tegal yang masih eksis dan berkembang saat ini menjadi hal yang mengembirakan, karena adat turun temurun tersebut tidak hilang. Meskipun sudah banyak mengalami perubahan, tetapi hal tersebut tidak lantas mengubah masyarakat.

Sehingga melupakan adat istiadat Tegal dan tradisi-tradisi yang sudah diwariskan sejak zaman dahulu. Demikian informasi mengenai tradisi pernikahan di Tegal yang masih eksis sampai sekarang, semoga bermanfaat. (*)

Sumber: