Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

tradisi khas pernikahan di tegal--

RADAR TEGAL - Tradisi khas pernikahan di Tegal yang masih eksis sampai sekarang karena merupakan salah satu hal penting dalam pernikahan. Momen ini menjadi bukti keseriusan calon mempelai pria dalam menjalin suatu hubungan.

Berbagai daerah memiliki tradisi khas pernikahan yang berbeda beda. Tradisi ini sendiri tidak lepas dari adat yang turun temurun dari suatu daerah khususnya Tegal.

Bahkan setiap daerah di Tegal menjadikan adat secara turun temurun dalam bentuk tradisional, sebagai salah satu tradisi khas pernikahan yang wajib dilakukan. Terlebih memiliki makna yang mendalam.

Makna yang mendalam dari tradisi khas pernikahan di Tegal mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama adat tradisional yang selalu ada pada setiap moment sakral ini. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Mengenal 9 Adat Istiadat Tegal yang Unik dan Mengagumkan, Nomor 6 Terkenal Banget

Tradisi khas pernikahan di Tegal

1. Siraman

Ritual siraman merupakan tradisi khas pernikahan yang umum dilakukan di berbagai daerah di Jawa, termasuk Tegal.

Dalam tradisi ini, pengantin dimandikan dengan air yang dicampur dengan berbagai bunga dan daun-daunan yang memiliki makna simbolis, seperti melati (kesucian), kelapa (kemakmuran), dan irisan jeruk nipis (kesegaran).

Air siraman biasanya berasal dari tujuh sumber mata air yang berbeda, melambangkan doa dan harapan dari tujuh leluhur keluarga.

2. Midodareni

Tradisi khas pernikahan di Tegal selanjutnya adalah midodareni yang diadakan sehari sebelum pernikahan dan merupakan momen bagi calon pengantin perempuan untuk berdiam diri di dalam kamar, merenungkan kehidupannya yang akan datang. 

BACA JUGA: 9 Fakta Menarik Kota Tegal yang Jadi Magnet Bagi Wisatawan untuk Kembali Datang

Pada malam midodareni, biasanya dilakukan ritual adat seperti pemasangan bleketepe (hiasan pintu) dan penataan seserahan pernikahan.

Sumber: