Hindari Karbo Jahat, Ini 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, yang Efektif Turunkan Berat Badan

Hindari Karbo Jahat, Ini 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, yang Efektif Turunkan Berat Badan

Ubi jalar merupakan salah satu bahan pengganti nasi untuk diet yang efektif.--

RADAR TEGAL – Bentuk usaha untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet. Seseorang harus mencoba untuk defisit kalori dan mengganti pola makan yang lebih sehat.Salah satu cara desifit kalori adalah dengan mengganti karbohidrat atau makanan lain yang tinggi kalori seperti nasi. Anda perlu mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk diet.

Ada banyak sekali makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa Anda konsumsi. Untuk menurunkan berat badan, selain rendah kalori, Anda juga harus pula memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Mulai dari serat, protein, magnesium, dan zat besi. Semakin kompleks makanan yang Anda konsumsi, maka akan semakin baik. Meskipun sedang dalam program defisit kalori dengan mengonsumsi makanan pengganti nasi untuk diet.

Anda juga harus sesuaikan dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Jangan terlalu sedikit mengonsumsi kalori, itu juga tidak sehat untuk tubuh. Lalu, jenis makanan seperti apa yang bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet?

Ada 10 jenis makanan yang bisa Anda olah dan konsumsi sebagai makanan diet Anda. Penasaran? Simak lengkapnya di bawah ini.

Makanan pengganti nasi untuk diet

Nasi memang menjadi makanan utama bagi sebagian besar masyarakatt Indonesia. Bahkan ada yang mengatakan “belum makan jika belum makan nasi.” Padahal nasi mengandung kadar gula tinggi dan dapat meingkatkan resiko diabetes.

Untuk itulah, coba mengganti nasi dengan makanan lain yang lebih sehat dan rendah kalori. Ada banyak sekali makanan pengganti nasi untuk diet agar berat badan Anda bisa menemukan berat badan ideal. Selain rendah kalori, tentunya makanan yang tetap enak, bernutrisi dan bergizi.

1. Shirataki

Bagi Anda yang sedang memulai untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, shirataki bisa Anda coba. Di mana setiap porsinya shirataki hanya mengandung kalori sebesar 85 gram. Makanan yang berasal dari Jepang ini juga bisa dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Makanan yang terbuat dari glucomannan ini dapat berbentuk mie atau nasi. Shirataki mengandung serat dan kandungan air yang tinggi. Sangat cocok untuk Anda yang ingin mengganti mie instan dengan mie shirataki. Dan mengganti nasi putih dengan nasi shirataki.

2. Nasi Merah

Makanan pengganti nasi untuk diet yang satu ini mungki sudah sering Anda dengar. Sudah banyak orang mengganti nasi putih menjadi nasi merah. Selain rendah kalori, nasi merah memiliki kandung vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tenang saja, nasi merah ini tidak memiliki rasa apapun, sehingga tidak akan merubah citarasa makanan lainnya.

Nasi merah juga sangat bagus untuk mencegah peradangan pada tubuh. Dan mengurangi resiko diabetes dan penyakit jantung. Jadi, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba mengganti nasi putih menjadi nasi merah.

Sumber: