Cara Merawat HP Agar Awet Tidak Lemot Hingga Bertahun-tahun, Ternyata Sangat Mudah dan Simpel

Cara Merawat HP Agar Awet Tidak Lemot Hingga Bertahun-tahun, Ternyata Sangat Mudah dan Simpel

Cara Merawat HP Agar Awet Tidak Lemot Hingga Bertahun-tahun, Mudah dan Simple Dilakukan--

Merestart ponsel secara teratur dapat membantu membersihkan memori sementara dan memulai kembali sistem operasi, yang dapat meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

6. Hindari Penggunaan Ekstrem

Hindari penggunaan ekstrem seperti multitasking berlebihan atau menjalankan aplikasi berat saat ponsel Anda sedang dalam kondisi baterai yang rendah. Hal ini dapat membebani sistem dan memperlambat kinerja.

BACA JUGA: 5 Cara Merawat HP Realme agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, No 1 Paling Mudah Dilakukan

7. Periksa Ruang Penyimpanan Secara Berkala

Pastikan bahwa ruang penyimpanan internal ponsel Anda tidak penuh. Jika ruang penyimpanan hampir penuh, ponsel Anda mungkin akan melambat karena tidak memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan data sementara.

8. Gunakan Aplikasi Pembersih dan Pengoptimal

Ada banyak aplikasi pembersih dan pengoptimal di pasar yang dapat membantu Anda membersihkan file sampah, mengelola aplikasi, dan mengoptimalkan kinerja ponsel Anda dengan cepat dan mudah.

Cara menghidupkan hp agar bisa menyala lagi 

Dan tips tambahan bagi Anda yang sedang panik  karena  tombol power di HP Anda mati dan hp tidak bisa menyala , Anda tidak perlu khawatir lagi, karena  Anda bisa mengikuti cara dibawah ini dan bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan bahan-bahan berikut.

BACA JUGA: Cara Merawat HP Vivo agar Tetap Optimal dan Prima, Cukup Terapkan 8 Tips Ini Tanpa Ribet

1. Periksa Kabel Charge

Saat ponsel mati dan tidak merespons ketika tombol power ditekan, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa apakah ponsel Anda terhubung ke charger.

Kadang-kadang, ponsel yang kehabisan baterai tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan sama sekali. Cara ini bertujuan untuk mengetahui kondisi atau penyebab perangkat ponsel Anda mati.

Cobalah untuk menghubungkan ponsel Anda ke charger dan biarkan beberapa saat untuk mengisi daya. Setelah itu, coba lagi menyalakan ponsel dengan menekan tombol power.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Jika Anda menggunakan ponsel dengan tombol fisik, seperti tombol volume atau tombol Home, Anda dapat mencoba menghidupkan ponsel dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut.

BACA JUGA: Penting! Lakukan Tips Cara Merawat HP Tetap Awet Agar Tidak Cepat Rusak dan Lemot

Meskipun langkah ini bisa terasa rumit, namun bisa menjadi solusi jika tombol power Anda tidak berfungsi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Tekan dan tahan tombol volume atas dan bawah menggunakan tangan kiri secara bersamaan.
b. Sambil ditahan, hubungkan ponsel ke PC melalui kabel USB.
c. Masih menahan kedua tombol Volume, tekan dan tahan tombol Home selama beberapa saat sampai muncul menu.
d. Setelah menu muncul, lepaskan semua tombol dan gunakan tombol Volume untuk melakukan navigasi.
e. Pilih opsi untuk nyalakan ponsel.
f. Selesai.

3. Menggunakan Benda Tajam pada Lubang Tombol Power

Jika tombol power ponsel Anda sudah tidak responsif atau bahkan copot, Anda bisa mencoba menggunakan benda tajam, seperti alat pencabut slot SIM Card atau tusuk gigi, untuk menekan tombol power secara langsung melalui lubangnya.

BACA JUGA: Trik agar Baterai Hp Awet Berhari-hari, Tak Perlu Ribet Nge-charge Lama Lagi!

Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras agar tidak merusak komponen di dalamnya. Cara ini Anda bisa lakukan dengan hati-hati agar komponen di dalamnya tetap aman.

Sumber: