Takut Data Pribadi Diretas? Lakukan 8 Cara Menggunakan Fitur Keamanan HP Android yang Jarang Orang Ketahui

Takut Data Pribadi Diretas? Lakukan 8 Cara Menggunakan Fitur Keamanan HP Android yang Jarang Orang Ketahui

PERETASAN - Ada 8 cara menggunakan fitur keamanan hp android, untuk mengamankan data pribadi Anda.--jabarekspress

radartegal.com - Memastikan keamanan HP agar tidak disalahgunakan orang lain, menjadi hal yang sangat penting. Karena itu gunakanlah fitur keamanan hp android, untuk memastikan ponsel tetap terjaga kerahasiannya.

Apalagi saat ini banyak sekali aksi peretasan dan pembajakan hp untuk kepentingan pribadi. Sehingga informasi tentang cara menggunakan fitur keamanan hp android, wajib diketahui oleh semua orang. 

Hanya saja kebanyakan pengguna hp android, belum memahami pentingnya cara menggunakan fitur keamanan yang sudah tersedia. Padahal fitur-fitur tersebut dirancang untuk melindungi data dan privasi pemiliknya.

Cara menggunakan fitur keamanan hp android

BACA JUGA: Kode Rahasia HP Samsung A14 5G yang Dirahasiakan Pabrikan, Apa Saja Ya?

BACA JUGA: Bingung Ponsel Tak Bisa Dibuka, Begini Cara Memperbaiki HP Android yang Lupa PIN

1. Aktifkan Kunci Layar 

Fitur kunci layar adalah lapisan pertama keamanan ponsel kamu. Android menyediakan beberapa metode kunci layar seperti PIN, pola, dan sidik jari yang bisa kamu gunakan. Pastikan untuk menggunakan kunci layar yang sulit ditebak agar ponsel kamu tidak mudah diakses orang lain.

2. Gunakan Pengelola Kata Sandi 

Banyak pengguna yang menggunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun. Android memiliki fitur pengelola kata sandi yang memungkinkan kamu menyimpan dan mengelola kata sandi dengan aman.

Dengan menggunakan fitur ini, kamu tidak perlu mengingat semua kata sandi, cukup satu kata sandi utama untuk membuka pengelola.

3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah 

 

Verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun Google di ponsel kamu. Fitur ini mengharuskan kamu untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke ponsel saat login di perangkat baru.

BACA JUGA: HP Android Anda Sering Panas ? Cek Sekarang Inilah 10 Penyebab dan Solusinya, Nomer 3 Sering Dilakuin!

BACA JUGA: 5 Alasan Lebih Memilih Hp Android dari iPhone, Salah Satunya Punya Banyak Fitur dan Opsi

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa melindungi akun Google dari akses yang tidak sah.

4. Gunakan VPN Saat Terhubung ke Wi-Fi Publik 

Saat menggunakan jaringan Wi-Fi publik, risiko pencurian data meningkat. Android mendukung penggunaan VPN (Virtual Private Network) yang bisa melindungi koneksi internet kamu dari peretas (tips keamanan, keamanan Android).

Sumber: