Penting! Lakukan Tips Cara Merawat HP Tetap Awet Agar Tidak Cepat Rusak dan Lemot

Penting! Lakukan Tips Cara Merawat HP Tetap Awet Agar Tidak Cepat Rusak dan Lemot

Penting! Wajib lakukan tips cara merawat HP agar tetap awet dan tidak cepat rusak.--

RADAR TEGAL - Memiliki smartphone saat ini bisa dibilang kebutuhan primer bagi setiap orang. Berikut ini tips cara merawat HP tetap awet dan tidak cepat rusak.

Seperti yang kita tau bahwa smartphone hanya bisa dioperasikan jika tersedia sumber daya dari baterai yang menjadi salah satu komponen paling penting yang terdapat pada smartphone. Maka dari itu, praktikkan beberapa tips cara merawat HP tetap awet agar tidak cepat rusak.

Untuk menjaga performa ponsel cukup mudah yang tentunya tidak perlu ritual khusus. Salah satu caranya adalah merawat HP dengan baik dan tidak menggunakan ponsel secara berlebihan.

Nah, artikel radartegal.disway.id akan mengulas 6 tips cara merawat HP tetap awet yang bisa kamu coba. Simak ulasan dibawah ini dengan seksama ya! 

BACA JUGA: 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli HP Baru, Awas Jangan Sampai Kegocek

Tips cara merawat HP tetap awet

1. Perhatikan Cara Ngecas 

Penyebab smartphone tidak nyaman adalah baterai yang cepat lowbat. Nah, agar hal ini tidak terjadi, batasi penggunaan smartphone saat dicas untuk hal yang penting-penting saja. Sebab, jika smartphone terus-menerus dimainkan saat dicas, baterainya akan cepat bocor. Sehingga HP jadi tidak bisa bekerja dengan maksimal.

2. Gunakan Charger Orisinal 

Salah satu cara untuk menjaga keawetan dan kualitas baterai HP adalah menggunakan charger orisinal. 

3. Perhatikan Siklus Pengisian Daya

Untuk memperpanjang usia baterai, perhatikan siklus pengisian dayanya. Ada baiknya mengecas ketika baterai perangkat sudah menyentuh angka 30% dan berhenti mengecas di kisaran 80%–85%, jadi tak perlu sampai 100%.

BACA JUGA:Update Harga Samsung A73 5G di Bulan Januari 2024 Makin Murah, Intip Spesifikasinya

Namun, ada beberapa HP yang sudah memiliki fitur protect battery  otomatis untuk membatasi pengisian daya hanya sampai 85%. Jadi, tidak repot bolak-balik mengecek baterai smartphone sudah berapa persen terisinya.

Sumber: