5 Cara Merawat HP Realme agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, No 1 Paling Mudah Dilakukan

5 Cara Merawat HP Realme agar Awet dan Tidak Cepat Rusak, No 1 Paling Mudah Dilakukan

Cara Merawat HP Realme supaya Awet Seharian--

RADAR TEGAL – Bagi Anda pengguna ponsel (HP) Realme, mungkin kerap mengalami beberapa masalah yang membuat kesal karena ponsel cepat rusak. Berikut ini cara merawat HP Realme agar awet.

Cara merawat HP Realme agar awet ini mungkin sudah sering kamu dengar. Namun, bisa jadi kamu abaikan karena merasa ponselmu baik-baik saja.

Padahal, dengan mengetahui cara merawat HP Realme agar awet, masalah Hp lemot,  sering panas, atau bahkan baterai HP sering cepat habis bisa dihindari. Dengan mengetahui tips berikut ini, HP Realme Anda tidak cepat rusak.\

Lalu, apa saja cara merawat HP Realme agar awet? Simak ulasannya di bawah ini. 

BACA JUGA: 5 Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi supaya Tetap Awet, Beneran Efektif dan Mudah Diterapkan!

5 Cara merawat HP Realme agar awet

1. Atur Kecerahan Layar HP supaya Baterai Tetap Awet

Cara pertama yang perlu Anda lakukan dan mudah diterapkan yakni dengan mengatur kecerahan layar. Hal ini karena layar merupakan salah satu komponen HP yang menggunakan listrik.

Jadi, semakin tinggi kecerahan layar, maka semakin tinggi juga daya yang HP Anda gunakan. Sebaliknya semakin rendah kecerahan pada HP Anda, maka akan semakin rendah juga penggunaan dayanya.

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menggunakan kecerahan layar dalam mode otomatis, yang mana mode ini bisa  memperpanjang masa pakai baterai Anda.

2. Refresh Rate HP supaya Baterai Tetap Awet

Tahukah Anda bahwa kecepatan refresh rate yang tinggi ternyata bisa meningkatkan konsumsi daya pada HP Anda? Oleh karena itu, bagi pengguna HP Realme, bisa mencoba menurunkan kecepatan refresh rate untuk bisa menikmati penggunaan baterai yang lebih lama apabila sedang tidak dibutuhkan.

BACA JUGA: 5 Daftar iPhone dengan Baterai Paling Awet, Mana yang Paling Worth It di Tahun 2024?

3. Mode Power Saving pada Always-On Display

Cara merawat HP Realme agar awet selanjutnya, Anda bisa menggunakan fitur mode power saving pada Always-On Display. Namun fitur ini hanya terdapat pada HP Realme UI 4.0.

Fitur ini merupakan sebuah opsi yang dapat digunakan untuk membuat HP menjadi lebih stylish dan atraktif. Tampilan yang terus menyala pada layar dapat mengkonsumsi daya yang lebih.

 

4. Optimalkan Penggunaan Baterai

Terdapat beberapa waktu yang membuat baterai HP bisa habis terlalu cepat karena ada kemungkinan beberapa aplikasi aktif di latar belakang secara diam-diam tanpa Anda sadari.

Oleh karena itu Anda dapat langsung menuju ke menu baterai dan pengaturan lainnya. Selanjutnya klik optimalkan penggunaan baterai dan atur aplikasi ke pengoptimalan otomatis.

BACA JUGA: 3 Daftar HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Beneran Hasilnya Jernih bak DSLR Loh

Dengan melakukan hal tersebut, maka sistem secara otomatis akan mengoptimalkan aplikasi apapun yang menyebabkan pengurasan baterai yang berlebihan di latar belakang. Sehingga Anda bisa memperpanjang masa pakai baterai.

5. Power Saving Mode supaya Baterai HP Tetap Awet

Cara merawat HP Realme agar awet berikutnya yakni menggunakan power saving mode. Ini dapat Anda gunakan apabila pengguna HP tidak bisa melakukan pengisian daya, baik karena lupa membawa charger dan sebagainya.

Fitur ini terdapat dalam HP Realme, jadi nantinya akan secara otomatis terdeteksi masalah konsumsi daya saat ini pada HP.

Demikian ulasan mengenai cara merawat HP Realme agar awet. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: