5 Tradisi Unik Lebaran di Brebes, Salah Satunya Pasang Oncor di Malam Takbiran

5 Tradisi Unik Lebaran di Brebes, Salah Satunya Pasang Oncor di Malam Takbiran

--

RADAR TEGAL - Sebuah tradisi, adat atau ciri khas merupakan sebuah tindakan yang bisa dikatakan atau dilakukan secara berulang dengan tanpa di sadari. Begitu pula dengan aktivitas lima tradisi unik lebaran di Brebes, Jawa Tengah ini.

Kegiatan atau praktik tradisi unik lebaran di Brebes yang berulang ini dilakukan oleh individu atau sebagian besar kelompok kepercayaan tertentu, yang bisa dianggap memberi sebuah keuntungan yang membuat mereka mempertahankannya.

Sama seperti sebuah tradisi unik ini harus ada saat Lebaran di Brebes. Karena sebagian Masyarakatnya mempercayai adanya keberuntungan yang terjadi jika dilaksanakan, sehingga ada banyak sekali tradisi, adat, dan ciri khas suatu daerah di Indonesia.

Salah satunya yakni tradisi unik Lebaran di Brebes ini. Mungkin sebenarnya aktivitas-aktivitas ini juga ada di daerah lain, selain Brebes. Namun dengan sebutan atau aturan serta tata cara yang berbeda-beda. 

BACA JUGA: 6 Tradisi Lebaran di Indonesia yang Sering Dilakukan, Apakah Anda Termasuk?

Tradisi turun temurun warisan nenek moyang

1. Prepegan Gede

Prepegan gede dimana dalam artian kata di atas adalah belanja besar menurut masyarakat warga Brebes. Kegiatan ini dilakukan pada H-1 Lebaran atau sebelum malam takbiran, dan biasanya dilakukan hampir oleh semua kalangan, baik ibu-ibu, anak-anak, remaja, bahkan laki-laki. 

Lalu apa yang mereka cari? Ternyata mereka mencari kebutuhan sandang pangan untuk keperluan Hari Raya Idulfitri, yang belum terpenuhi. Banyak pula anak-anak yang ikut prebegan gede untuk membeli petasan dan kembang api. 

2. Ngirim

Tradisi unik Lebaran di Brebes berikutnya adalah ngirim, atau memberikan bingkisan sebelum lebaran. Kegiatan ini biasanya dilakukan sanak saudara, untuk lebih saling mengenal antara satu dengan yang lain.

Yang jauh lebih unik ajang ngirim ini bisa dijadikan pula sebuah alat tukar menukar hantaran makanan, yang biasanya dimasak oleh keduaelah pihak. Tradisi ngirim ini biasanya tidak mengharuskan makanan saja yang harus dijadikan hantarannya.

BACA JUGA: Serba-Serbi Tradisi Lebaran di Tegal, Rayakan Hari Raya dengan Kearifan Lokal

Jenisnya bebas bisa kue kering, jajanan ciri khas lebaran, dan atau sekedar sandangan seperti baju dan sarung.

Sumber: