5 Tradisi Unik Lebaran di Brebes, Salah Satunya Pasang Oncor di Malam Takbiran

5 Tradisi Unik Lebaran di Brebes, Salah Satunya Pasang Oncor di Malam Takbiran

--

3. Gawe Lepatan 

Gawe lepatan adalah aktivitas beberapa keluarga yang menyediakan atau membuat makanan atau kue basah ciri khas lebaran, seperti ketupat, kue apem, dan lepat. Tiga makanan tersebut biasanya hanya ada pada saat Lebaran atau pada acara-acara tertentu dalam beberapa keluarga.  

4. Pecingan

Bagi sebagian besar masyarakat di Kota Brebes, tradisi unik Lebaran ini mungkin tidak asing lagi. Biasanya pecingan atau mecingi (memberi uang) ini, diberikan kepada sanak saudara, tetangga, atau kerabat terdekat.

BACA JUGA: Tidak Hanya Beras, Harga Telur Asin Brebes Ini Ikut Melambung di Masa Lebaran 

Tradisi pecingan ini sendiri mirip dengan tradisi pemberian angpao. Karena tradisi ini diadopsi juga dari tradisi angpao itu sendiri 

5. Pasang Oncor/Obor 

Di Daerah Pende Kecamatan Ketanggungan Kabupaten Brebes, biasanya ada tradisi unik yang hanya bisa dilihat saat lebaran atau malam mendekati lebaran. Yaitu pasang oncor atau obor di depan rumah dan pelataran rumah, dengan tujuan memperindah rumah serta memberi kesan khas akan datangnya Hari Raya Lebaran. 

Itulah informasi tentang lima tradisi unik Lebaran di Brebes, yang hanya dijumpai sekali dalam setahunnya. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: