Tips Merawat Motor Matic Setelah Dipakai Mudik, Jangan Sepelekan Jika Tak Mau Turun Mesin

Tips Merawat Motor Matic Setelah Dipakai Mudik, Jangan Sepelekan Jika Tak Mau Turun Mesin

Tips merawat motor matic setelah mudik adalah salah satunya dengan pengecekan CVT.-(Ilustrasi Pinterest)--

Jika filter udara sudah terlihat rusak atau sobek, sebaiknya ganti dengan yang baru.

4. Pastikan Busi Berfungsi dengan Baik

Busi yang kotor atau aus dapat menyebabkan mesin sulit dihidupkan, brebet, dan akselerasi yang tidak optimal. Karena itu, tips merawat motor matic setelah mudik adalah dengan mengecek dan stel busi setelah mudik.

Gunakan busi yang sesuai dengan spesifikasi motor maticmu. Jika busi terlihat kotor, bersihkan dengan sikat khusus busi. Jika busi sudah aus, sebaiknya ganti dengan yang baru.

BACA JUGA: Intip Spesifikasi Yamaha Grand Filano 2023 dari Mesin, Dimensi hingga Kaki-kaki yang Siap Diajak Mudik Lebaran

5. Periksa tekanan ban untuk handling yang stabil dan aman

Tekanan ban yang tidak sesuai dapat menyebabkan handling motor tidak stabil dan rawan kecelakaan. Karena itu, periksa tekanan ban setelah mudik. Pastikan tekanan ban sesuai dengan spesifikasi motor maticmu.

Gunakan alat ukur tekanan ban (pressure gauge) untuk mendapatkan hasil yang akurat.

6. Cek rem dan kampas rem

Rem merupakan komponen penting untuk keselamatan berkendara. Oleh karena itu, cek rem dan kampas rem setelah mudik. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan kampas rem tidak tipis. Jika kampas rem sudah tipis, sebaiknya ganti dengan yang baru.

7. Periksa sistem kelistrikan

Sistem kelistrikan yang bermasalah dapat menyebabkan motor tidak bisa dihidupkan, lampu tidak menyala, atau klakson tidak berfungsi. Oleh karena itu, cek sistem kelistrikan adalah cara merawat motor matic setelah mudik. Pastikan aki dan kabel-kabel tidak ada yang bermasalah. Jika aki terlihat soak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

BACA JUGA: Serba-serbi Tradisi Mudik di Indonesia dan Berbagai Negara Lain, Bukan Sekadar Perjalanan Pulang

8. Periksa CVT

Continuously Variable Transmission (CVT) merupakan komponen penting pada motor matic yang mengatur perpindahan gigi secara otomatis. Oleh karena itu, periksalah CVT setelah mudik. Pastikan CVT berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan. 

Sumber: