Dukung Mudik Gratis Jawa Tengah, 3 Armada Bus Pariwisata Disiapkan Pemkab Tegal Angkut Pemudik

Dukung Mudik Gratis Jawa Tengah, 3 Armada Bus Pariwisata Disiapkan Pemkab Tegal Angkut Pemudik

MUDIK GRATIS- Mendukung program Mudik Gratis Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal menyiapkan tiga armada bus pariwisata.-Istimewa-Radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Mendukung program Mudik Gratis Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tegal menyiapkan tiga armada bus pariwisata. Ketiganya disiapkan pada Jumat, 5 April 2024 mendatang. 

Tiga armada bus pariwisata yang disiapkan untuk program Mudik Gratis Jawa Tengah ini akan diberangkatkan dari Terminal Dukuhsalam Slawi. Kemudian bus akan berangkat menuju Lapangan Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta.

Ketiga bus selanjutnya akan bergabung dengan armada bus program Mudik Gratis Jawa Tengah lainnya dari pemerintah kabupaten dan kota lain di Jawa Tengah.

Program Mudik Gratis Jawa Tengah ini ditujukan bagi warga Kabupaten Tegal yang bekerja merantau di DKI Jakarta. Informasi tersebut diungkapkan Kepala Seksi Angkutan dan Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Tegal Agil Suprayogi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 1 April 2024.

BACA JUGA: Lebaran 2024, Pemkab Brebes Siapkan 4 Bus Mudik Gratis untuk Warganya yang di Jakarta dan Sekitarnya

Menurutnya, program Mudik Gratis Jawa Tengah ini dikhususkan bagi warga Kabupaten Tegal berpenghasilan rendah yang bekerja di sektor informal seperti asisten rumah tangga. Kemudian pedagang kaki lima dan pedangan asongan, buruh pabrik dan bangunan, sopir angkutan umum dan bajaj, pengemudi ojek online, penyandang disabilitas, dan warga lainnya yang kurang mampu.

Keberangkatan bus Mudik Gratis Jawa Tengah dari Jakarta akan dilepas oleh Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada Sabtu, 6 April 2024 dari TMII menuju ke kabupaten dan kota tujuan masing-masing di Jawa Tengah.

“Progam Mudik Gratis ini disambut antusias oleh warga Kabupaten Tegal di perantauan. Bahkan kuota 150 kursi yang kita siapkan sudah ludes diserbu sejak tanggal 5 Maret 2024 lalu,” ungkapnya.

Namun, bagi warga Kabupaten Tegal yang tidak berkesempatan mendapat tiket Mudik Gratis Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ini dapat mencoba program mudik gratis dari instansi lainnya. Seperti Mudik Gratis Kementerian Perhubungan RI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Jawa Barat, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Banten dan Pemprov Jawa Timur.

BACA JUGA: Buruan Daftar, Program Mudik Gratis 2024 ke Tegal Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Pemudik juga dapat mendaftar melalui komunitas warga atau paguyuban warga Jawa Tengah di Jabodetabek dengan kuota 130 bus atau bisa melalui aplikasi Peda Mateng yang beralamt di www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id dengan kuota 58 bus.

Selain itu, bagi nasabah Bank Jateng, calon pemudik juga bisa datang langsung ke Bank Jateng Cabang Jakarta di Jalan Panglima Polim Kebayoran Baru atau KCP Kramat Jati atau Pasar Induk dengan menunjukan rekening nasabah Bank Jateng atau mendaftar menjadi nasabah baru. Di sini Bank Jateng menyediakan kuota 40 bus untuk seluruh wilayah tujuan mudik di Jawa Tengah.

Lebih lanjut Agil mengungkapkan puncak arus mudik akan terjadi pada H-2 atau Senin, 8 April 2024 bersamaan dengan pelaksanaan cuti bersama. Terkait dengan itu, potensi pergerakan mencapai 26,6 juta orang atau 13,7 persen dari total perjalanan yang ada. Sementara untuk puncak arus balik akan terjadi pada H+3 atau Minggu 14 April 2024.

Diprediksi tahun ini akan ada kenaikan jumlah pemudik ke Jawa Tengah sebesar 13,38 persen. Angka ini lebih rendah dari kenaikan pemudik tahun 2023 lalu yang mencapai 37,85 persen. 

Sumber: